Dakar Rally 2022 (Etape-7)

Cornejo Menangi Etape-7, Van Beveren Diam-Diam Melejit di Klasemen

Jose Ignacio Cornejo Florimo manfaatkan momentum terbaiknya di etape-7, ketika para pereli KTM merasa kesulitan. HRC
Jose Ignacio Cornejo Florimo manfaatkan momentum terbaiknya di etape-7, ketika para pereli KTM merasa kesulitan. HRC

Autogear.id - Pertarungan para pereli di ajang balap Dakar Rally Arab 2022, mulai memasuki sesi yang seru. Etape ketujuh yang berlangsung pada Minggu (9/1/) setelah sesi rehat sehari, menjadi momen para pereli memperbaiki pencapaiannya. 

Namun nahas justru dirasakan beberapa pereli yang menunggangi KTM, termasuk pereli tim Gas Gas Factory yang sempat memimpin klasemen di awal lomba yaitu Daniel Sanders. Pereli asal Australia itu malah mengalami kecelakaan sebelum memasuki etape spesial. 

Namun kondisi ini mampu dimanfaatkan dengan baik oleh pereli asal Chile, Jose Ignacio Cornejo Florimo. Ia meraih kemenangan meski melalui banyak tantangan yang cukup berat dari Riyadh ke Al Dawadimi sepanjang 701 km termasuk 465 km etape spesialnya. 

Kemenangan ini membawa posisi Cornejo bertahan di 10 besar yaitu posisi 9 di klasemen sementara dengan selisih 26 menit dari pemuncak klasemen. Apalagi faktanya Ia memang tak meraih hasil yang signifikan jika dilihat dari selisih waktu tercepat dari pereli di belakangnya pada etape ini.

Baca Juga:
Harga Nyaris Setengah Miliar, Apa Istimewanya Vespa 946 Christian Dior?

Finish di urutan kedua adalah Kevin Benavides yang mewakili Red Bull KTM dengan selisih 44 detik dari Cornejo. Dengan hasil ini pula peluangnya untuk tetap bertarung mempertahankan titel juara buat KTM masih terbuka lebar. Lantaran masih terdapat beberapa etape yang punya tantangan besar.

Sementara Joan Barreda Bort yang menunggangi motor Honda, finish di urutan ketiga yang juga masih punya peluang besar untuk bertarung meraih titel juara. Selisih waktunya di klasemen dari Cornejo adalah 8 menit dan ini masih sangat memungkinkan untuk mengejar ketertinggalan.

Bagian yang menarik hingga etape ini adalah fakta soal Adrian Van Beveren yang belum pernah memenangi etape selama DR Arab berlangsung. Namun konsistensinya meraih posisi finish di 10 besar, membawa pereli asal Prancis itu menguasai klasemen sementara. Sayangnya selisihnya dari pereli di urutan kedua klasemen yaitu Matthias Walkner hanya terpaut 5 menit.

Jika melihat jarak tempuh dan banyaknya trek menantang, tentu selisih 5 menit ini tak berarti apa-apa. Tinggal melihat, sejauh mana Ia mampu finish lebih baik dari pereli yang menjadi rival terdekatnya hingga urutan 7 besar di klasemen yang hanya terpaut selisih waktu 8 detik saja.

Hasil Dakar Rally Arab Etape-7 (motor):
1. (CHL) JOSE IGNACIO CORNEJO FLORIMO, MONSTER ENERGY HONDA, 03H 28' 46''
2. (ARG) KEVIN BENAVIDES RED BULL KTM FACTORY RACING, + 00H 00' 44''    
3. (ESP) JOAN BARREDA BORT, MONSTER ENERGY HONDA, + 00H 02' 51''

Klasemen sementara Dakar Rally Arab (motor):
1. Adrien van Beveren, YAMAHA, 23:45:02
2. Matthias Walkner, KTM, +00:05:12
3. Kevin Benavides, KTM, +00:05:23


(uda)