Lelang Kendaraan Bermotor

Coba Ikutan Lelang Kendaraan Yuk, Begini Caranya

Pool balai lelang Auksi di kawasan Ciledug.
Pool balai lelang Auksi di kawasan Ciledug.

Autogear.id: Lelang kendaraan bermotor merupakan salah satu cara yang tepat untuk mendapatkan kendaraan dengan harga super miring. Namun bagi sebagian kalangan, masih banyak yang belum paham tata cara lelang, bagaimana cara menjadi peserta lelang dan di mana bisa ikut program lelang. 

Saat ini, ada banyak balai lelang yang secara reguler melelang beragam kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat. Salah satunya PT Balai Lelang Asta Nara Jaya atau yang lebih dikenal dengan nama Auksi. 

"Lelang adalah salah satu prosedur penjualan dan pembelian barang yang aman dari sisi hukum karena dilindungi secara undang-undang," kata Operation Head Auksi, Bady Qadarsyah dalam diskusi virtual bersama Forum wartawan Otomotif (Forwot), Rabu (12/8/2020). 

Bady menambahkan semua unit kendaraan yang dilelang dijamin legal. "Hanya saja unit yang dilelang itu apa adanya, kita tidak melakukan perbaikan sama sekali," lanjutnya. 

Tata cara

Adapun tata cara mengikuti lelang kendaraan bermotor ternyata tidaklah sulit. Pertama, konsumen yang mau ikut bisa datang langsung ke pool balai lelang Auksi yang berlokasi di Ciledug, Jakarta untuk melihat, memilih, dan cek unit. 

"Kemudian apabila tertarik silahkan lakukan pendaftaran, ada uang jaminan atau deposit sebesar Rp5 juta untuk mobil, dan Rp 1 juta untuk motor. Satu jaminan dapat satu nomor induk peserta lelang," terang Bady.  

Setiap jaminan (satu unit) bisa dipakai untuk slot lain andai konsumen gagal di slot sebelumnya. "Jika menang (lelang) silahkan mengurus. Proses pelunasan jangka waktu tiga hari dan hanya bisa dibayar cash. Untuk yang tidak menang uang jaminan dikembalikan 100 persen," beber Bady. 

Menurut Bady, ada tiga keuntungan dari sistem pembelian kendaraan via lelang, antara lain cepat dan efisien, transparan dan objektif, serta terjamin dari sisi aspek hukum. So gimana guys, kalian tertarik?


(uda)