Dakar Rally Etape-2 Mobil

Al-Attiyah Kejar Ketertinggalan, Sainz Masih Pimpin Klasemen

Nasser Al-Attiyah sang juara bertahan Dakar Rally yang akhirnya mulai mengejar ketertinggalan waktu di klasemen dari Carlos Sainz di Etape kedua. RedBullCP
Nasser Al-Attiyah sang juara bertahan Dakar Rally yang akhirnya mulai mengejar ketertinggalan waktu di klasemen dari Carlos Sainz di Etape kedua. RedBullCP

Autogear.id - Kejar-kejaran waktu terus terjadi di ajang balap Dakar Rally (DR) pada etape kedua yang berlangsung pada Senin (2/1/2023). Carlos Sainz yang begitu digdaya pada etape pertama, kali ini harus mengakui performa dan konsistensi dari juara bertahan DR 2022 yaitu Nasser Al-Attiyah. Pada etape ini, pereli asal Qatar itu melaju konsisten dengan hasil yang cukup baik. 

Al-Attiyah meraih kemenangan dan memangkas jarak yang cukup besar dari Sainz yang unggul cukup jauh darinya dari etape sebelumnya. Etape yang berlangsung dari titik start Sea Camp ke Alula dengan jarak tempuh SS sejauh 430 km itu, ditempuh dengan 5 jam 0,26 menit oleh Al-Attiyah. Pencapaiannya ini berselisih tipis dari Erik Van Loon.

"Ini adalah momentum yang baik untuk mengejar ketertinggalan di klasemen pencapaian waktu tercepat. Memang ini bukan momentum yang mudah bagi kami karena ada beberapa masalah yang menyerang kami di perjalanan. Banyaknya batu-batu dan sistem navigasi yang tak mudah, membuat ini jadi menantang. Setidaknya, dua etape ini kami jalani dengan baik," ujar Al-Attiyah.

Baca Juga:
Carlos Sainz Langsung Gaspol di Etape Awal Dakar

Pembalap yang finish di urutan kedua etape kedua Erik Van Loon yang berada di bawah tim Overdrive Racing ini juga tak kalah tampil epik. Selisihnya dari Al-Attiyah hanya 19 detik dan ini sungguh tak berarti untuk ajang balap sekelas Dakar Rally. Kemudian disusul oleh Carlos Sainz yang mulai tak berkutik melawan Al-Attiyah. 

Jika melihat peta pertarungan para pereli tahun ini, selain kualitas kendaraannya, juga performa dan skill pereli memang sangat menentukan. Belum lagi dengan adanya pembacaan sistem navigasi pacenote yang wajib presisi. Mengingat tantangannya jadi sangat besar jika salah dalam mengambil keputusan.

Sementara Carlos Sainz yang punya target besar tahun ini untuk memenangi Dakar Rally, sepertinya harus berupaya lebih keras. Meski masih memimpin klasemen keseluruhan, namun bukan tak mungkin posisinya hilang begitu saja jika kendaraannya rusak seperti yang Ia rasakan tahun lalu.

Hasil Dakar Rally Etape-2 Mobil:
1. Nasser Al-Attiyah, Toyota Gazoo Racing, 5 jam 0,26 menit
2. Erik Van Loon, Overdrive Racing +0,19 menit
3. Carlos Sainz, Team Audi Sport +5 menit


(uda)