Persiapan Mudik 2023

Simpang Taktakan ke Pelabuhan Ciwandan, Bakal Jalur Alternatif

Dinas PUPR Provinsi Banten terus memperbaiki infrakstruktur jalan menuju Pelabuhan Ciwandan, termasuk jalur-jalur alternatif. MTV
Dinas PUPR Provinsi Banten terus memperbaiki infrakstruktur jalan menuju Pelabuhan Ciwandan, termasuk jalur-jalur alternatif. MTV

Autogear.id - Perjalanan mudik tahun ini diprediksi meningkat dan lebih padat dari pada tahun-tahun sebelumnya. Lantaran pemerintah resmi membuka kepada masyarakat luas untuk melakukan aktivitas mudik lebaran 2023. Hal ini juga disertai dengan antisipasi beberapa pihak terutama PUPR untuk melakukan perbaikan jalur alternatif yang bakal digunakan para pemudik. 

Seperti yang dilakukan oleh Dinas PUPR Provinsi Banten terus memperbaiki infrakstruktur jalan menuju Pelabuhan Ciwandan, termasuk jalur-jalur alternatif. Salah satunya ruas jalan Simpang Taktakan, Serang menuju Pasar Anyer yang terbentang sepanjang 34 km.

Sejak pekan lalu petugas mulai memperbaiki sejumlah ruas jalan yang berlubang di jalur ini. Selain itu aspal yang terkelupas di ruas simpang Taktakan menuju Gunungsari juga telah dilapisi dengan beton aspal.

"Kita mulai perbaikan dari Pasar Anyer menuju Gunungsari, selebihnya dari simpang Taktakan menuju Gunungsari itu sudah dibeton sekitar 9 km," ungkap Kasi Perbaikan Jalan UPTD Serang-Cilegon PUPR Banten, Beni, Senin (10/4/2023).

Baca Juga:
Mulai Lirik Mobil Listrik Buat Harian? Jajal Air ev Dulu!

Ruas jalan Simpang Taktakan, Serang ini, kata Beni, merupakan jalur wisata menuju Anyer. Perjalanan normal bisa ditempuh sekitar 60 menit. Jalur ini bisa dibilang cukup teduh karena sepanjang jalan terdapat pepohonan yang rimbun. "Nantinya pemudik motor yang akan menyebrang menuju Lampung melalui jalur ini hanya tinggal menempuh jarak 3 km lagi menuju Pelabuhan Ciwandan," jelasnya.

Periode Mudik Lebaran 2023, Pihak Angkutan Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan Indonesia Ferry (ASDP) Merak akan mengoperasikan Pelabuhan Ciwandan untuk melayani pemudik sepeda motor. Pelayanan kendaraan roda dua di Pelabuhan Ciwandan mulai berlaku tanggal 15 April 2023. (StoryBuilder: Narendra)


(uda)