Penjualan Mobil

Capaian Produksi 8 Juta Unit Daihatsu Ditopang Investasi Rp2,9 Triliun

Daihatsu rayakan produksi unit mobil yang ke-8 juta unit. ADM
Daihatsu rayakan produksi unit mobil yang ke-8 juta unit. ADM

Autogear.id – Hadir mewarnai industri otomotif di Indonesia sejak 1978, Daihatsu Indonesia rayakan capaian produksi ke-8 juta unit mereka di PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Sunter Assembly Plant (7/7/2023). Selama 45 tahun, didukung 5 pabrik dan beragam fasilitas lain seperti R&D Center, Service Part Center, Vehicle Logistic Center, dan Head Office, pabrikan tersebut memiliki kapasitas produksi 530 ribu unit per-tahun.

Menjadikannya salah satu produsen otomotif kelas atas di Indonesia, sekaligus sebagai basis produksi dan komponen dalam memenuhi permintaan. Baik pasar domestik, maupun global bagi grup Daihatsu dan Toyota. Pada pasar domestik, produsen ini mampu mempertahankan posisi nomor 2 penjualan ritel otomotif nasional selama 14 tahun berturut-turut. Juga mengekspor kendaraan ke lebih dari 80 negara tujuan.

Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor, Yasushi Kyoda mengatakan, capaian produksi ke-8 juta unit ini merupakan hal penting. Atas usaha dalam berkontribusi membangun Indonesia. “Capaian ini juga berkat dukungan para stakeholder. Melibatkan lebih dari 1.700 supplier dan lebih dari 600 UMKM di Indonesia. Semoga kami dapat selalu menyediakan best value product berkualitas, untuk pasar otomotif di Indonesia dan dunia,” ujarnya.

Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Agus Gumiwang Kartasasmita, mengatakan semoga prestasi baik tersebut dapat ditingkatkan. “Semakin memantapkan posisi sebagai salah satu produsen kendaraan bermotor roda empat terbesar di Indonesia, di Asia Tenggara, bahkan dunia,” ujar Menperin.

Baca Juga:
Genjot Pembayaran Cashless, E-wallet Mulai Rambah Transportasi Umum

Apresiasi serupa juga disampaikan Direktur Astra, Gidion Hasan yang mengatakan, pencapaian produksi 8 juta unit pada tahun 2023 ini merupakan hasil kinerja dan semangat tim, yang selalu mempersembahkan karya terbaik. ”Kami apresiasi setinggi-tingginya atas komitmen dari seluruh pihak yang mendukung pencapaian produksi 8 juta unit. Khususnya kepada pelanggan yang telah mempercayakan Daihatsu sebagai kendaraan kesayangan,” ujarnya.

Sejalan tema ”Bersama Sahabat Membangun Negeri”, Daihatsu berkomitmen melanjutkan semangat tersebut. Melalui pembangunan pabrik baru yang modern, dan ramah lingkungan di Karawang Timur, Jawa Barat. Pabrik baru dengan nilai investasi sebesar Rp2,9 triliun ini berkonsep E-SSC (Evolution, Simple, Slim, Compact). Serta memiliki kapasitas produksi sebesar 140.000 unit per tahun.

Presiden Daihatsu Motor Co., Ltd., Jepang, Soichiro Okudaira, menyampaikan pihaknya berkomitmen akan terus mendukung ADM. Salah satunya dengan mewujudkan pembangunan fasilitas pabrik perakitan baru tadi pada Februari 2023 lalu.  ”Juga sebagai dukungan terhadap program netralitas karbon, pengembangan sumber daya manusia yang berkelanjutan, dan pengembangan kendaraan untuk masa depan,” ujarnya.


(uda)