Formula 1 Monza 2022

Leclerc Butuh Keberuntungan dan Trik Tepat di Sesi Race

Charles Leclerc berharap meraih hasil bagus di sesi balapan hari ini dan timnya membuat strategi yang tepat. CL
Charles Leclerc berharap meraih hasil bagus di sesi balapan hari ini dan timnya membuat strategi yang tepat. CL

Autogear.id - Sejak musim kompetisi 2022 bergulir, Charles Leclerc tercatat tak kurang dari 9 kali meraih posisi pole di setiap kualifikasi Formula 1. Namun hanya beberapa race dari moment tersebut mampu terwujud jadi kemenangan di sesi balapan Minggu. Namun balapan di kandang tim sendiri yaitu Monza, Italia, akan selalu punya motivasi tersendiri. Bukan hanya bagi dirinya, namun juga bagi tim untuk menelurkan strategi yang terbaiknya.

Seperti yang Ia tunjukkan pada Sabtu (10/9/2022), Leclerc kembali mencetak posisi pole dan akan mengawali balapan dari grid start pertama. Namun start dari grid start pertama bukan jadi jaminan meraih kemenangan. Apalagi Ferrari dalam musim ini sudah beberapa kali menerapkan strategi yang malah merugikan bukan hanya Leclerc saja namun juga buat rekan setimnya yaitu Carlos Sainz. 

"Selalu menyenangkan balapan di Italia, kami tahu bahwa mobil ini punya peluang besar untuk meraih hasil bagus dan kami membuktikannya. Di sesi latihan hingga sesi kualifikasi kami bisa membuktikan bahwa peluang menang sangat besar. Jelas kami ingin balapan nanti berlangsung sempurna dan kami bisa meraih hasil terbaik di kandang sendiri," klaim Leclerc.

Max Verstappen yang harus menjalani penalti karena mengganti komponen mesin di seri ini, akan mundur 5 grid start. Meski meraih posisi start kedua berdasarkan sesi kualifikasi, namun Ia wajib menyiapkan trik cerdas seperti yang biasa dilakukan timnya.

Baca Juga:
Semasa Perang Dunia II, Ini Profesi Ratu Elizabeth di Bidang Otomotif

"Selisih dengan Leclerc sangat tipis di sesi kualifikasi, ya memang sangat sulit memanfaatkan dengan baik satu lap terakhir untuk meraih hasil terbaik. Tapi di sesi race kami akan coba melakukan yang terbaik," papar Verstappen usai menjalani sesi kualifikasi.

Lantaran Verstappen harus mengawali balapan dari grid start ke-7, artinya Carlos Sainz akan didaulat mengawali balapan dari grid start di lini depan bersama rekan setimnya. "Saya merasa sangat senang meski hanya bisa kualifikasi ketiga. Tapi ini menjadi penyemangat buatku agar berupaya tampil bagus di sesi balapan besok. Memang mobil ini sangat kencang di tikungan, namun di trek lurus saya rasa perlu ada sedikit perbaikan karena saya merasa agak lamban."

Hasil Kualifikasi F1 Monza:
1. Charles Leclerc, MON, Ferrari
2. Max Verstappen, BEL, Red Bull Racing
3. Carlos Sainz, SPA, Ferrari


(uda)