Modifikasi Audio Mobil

Ini Dia Tuner Audio Mobil yang Bikin Bamsoet Kepincut

Ternyata ada beberapa hal yang membuat Bamsoet kepincut dengan modifikasi audio pada mobil. AG-Alun
Ternyata ada beberapa hal yang membuat Bamsoet kepincut dengan modifikasi audio pada mobil. AG-Alun

Autogear.id – Kesekian kalinya Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, atau yang akrab disapa Bamsoet mengunjungi Black Stone Garage. Bangunan dengan sejumlah tenant otomotif di dalamnya, yang berlokasi di Jl. Hang Jebat, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Sore itu, dalam kerudung mendung sebelum turunnya hujan, Bamsoet tiba di Gedung yang distempel sebagai Ikatan Motor Indonesia (IMI) Lounge. 

Sebagai sosok Ketua Umum IMI pula, Bamsoet sendiri yang mendaulat Black Stone Garage menjadi IMI Lounge. Setibanya di Black Stone Garage, Bamsoet langsung menyambangi 6 mobil Toyota Innova Diesel lansiran 2017-2020 yang tersedia di parkiran. Bamsoet kunjungi dan masuk ke dalam kabinnya satu persatu, sambil mendengarkan sebuah lagu dari grup musik Dewa 19, yang disetel dari perangkat audio di dalamnya.
 
Yup, apa yang dilakukan Bamsoet terkait sebagai juri tamu dari gelaran Indonesia Car Audio Tuning Endurance 2022. Sebuah event pertama kalinya di Indonesia, mempertandingkan kepiawaian dari 6 tuner atau installer audio mobil.
 
Mereka merupakan tuner jawara, dari berbagai kontes modifikasi audio yang pernah diselenggarakan di Tanah Air. Para instalatur audio mobil ternama, seperti Cas Audio, BestBuddyShop, Duta Audioworks, Bronson Audio, AJM Audioworks dan Begja Autotronics. Selama dua hari, ke-6 tuner jawara ini ditantang menginstalasi perangkat audio dan headunit dari 6 mobil kategori lawas tadi.

Baca Juga:
Usung Konsep Berlangganan, Charged Incar Retail dan Fleet

Ini memang sengaja disediakan oleh pemain mobil lawas Pengepul Mobil, dengan perangkat audio dan headunit bawaan pabrik. Dukungan aksesoris aftermarket kiranya ikut mensukseskan ke-6 tuner tersebut menginstalasi perangkat headunit dan audio mobil yang disediakan. Sehingga berbeda jauh dengan asli bawaan pabrik.
 
Sebut saja yaitu peredam Z3ro Solutions, headunit Asuka, Digital Signal Processor Alpine, Subwoofer pasif Hertz, Speaker Pioneer, kabel Pitch and Timbre, power amplifier Zapco dan aki Massiv. Pada Indonesia Car Audio Tuning Endurance 2022 yang digagas Sound and Machine dan Pengepul Mobil tersebut, selain memperebutkan satu gelar juara berupa piala dan uang tunai sebesar Rp10 juta. Juga memperebutkan gelar Bamsoet’s Choice, sebagai tuner terbaik yang mampu membuat Bamsoet kepincut.
 
"Hari pertama berjalan sesuai rencana, tetapi di luar ekspektasi. Jadinya sangat cepat, jam 16.00 instalasi semua sudah selesai dan tidak ada kendala," kata Jacki Suwandi, selaku penyelenggara Indonesia Car Audio Tuning Endurance Battle 2022
 
Alhasil setelah pertarungan sengit, namun tetap diwarnai sportivitas dan keakraban sebagai satu profesi instalatur audio mobil. Terpilihlah AJM Audiworks, yang berlokasi di Jl. Radin Inten, Jakarta Timur, dengan instalaturnya Steven dan tim. Sementara pemenang utamanya adalah tuner dari tim workshop Bronson Audio, yang berlokasi di bilangan Kedoya, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Baca Juga:
Pembalap Kritik Kondisi Sentul di Yamaha Endurance Festival

 
Steven dari AJM Audioworks mengatakan kompetisi ini menarik, mengingat semua peserta harus menginstal perangkat audio dan headunit dengan barang dan kabel yang sama. “Selama dua hari harus selesai, plus seting, jelas ini merupakan tantangan,” tukas Steven.

Sementara Bamsoet mengatakan, lewat kegiatan ini diharapkan dapat memajukan industri aftermarket otomotif. Khususnya di bidang audio mobil. Baik dari sisi kompetisi yang belum pernah diadakan dan beda dari kompetisi reguler biasa, maupun dari sisi aspek bisnis.
 
“Supaya dapat lebih menggiatkan lagi industri audio mobil, agar bisa memberikan kontribusi bagi bangsa, khususnya bagi perekonomian nasional," ucap Bamsoet.


(uda)