Balap Mobil

Ini Komposisi Pebalap Honda untuk Kejurnas Touring dan Slalom 2022

Honda luncurkan skuad tim balapnya untuk musim kompetisi balap nasional 2022. HPM
Honda luncurkan skuad tim balapnya untuk musim kompetisi balap nasional 2022. HPM

Autogear.id - PT Honda Prospect Motor (HPM) mengaku konsisten berpartisipasi pada ajang balap touring serta slalom nasional di Indonesia. Bersama tim Honda Racing Indonesia (HRI), tahun ini HPM ikut turun dalam kejuaraan Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM), Minggu (13/3/2022).

Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM, Yusak Billy mengatakan, Honda bersama HRI bangga memperkenalkan komposisi baru untuk musim 2022. Mulai dari kelas, mobil, hingga pembalap baru.

“Hal ini dilakukan sebagai bentuk komitmen kami, untuk terus memajukan kejuaraan balap di Indonesia, serta mendukung para pembalap muda. Sejalan dengan semangat Everyone Can Race yang selalu kami usung”, tukasnya dalam jumpa pers virtual, Jumat (11/3/2022).

Dalam kejuaraan ISSOM di kelas Super Touring Car Racing (STC-R) 3.600cc, HRI bertarung dengan diperkuat oleh pebalap kawakan, Alvin Bahar, yang mengendarai Honda Civic Type R. Menurut Alvin, Civic Type R ini pertama kalinya diturunkan ke Sirkuit Sentul. Mewujudkan semangat Born to Race dari Honda.

Baca Juga:
Jakarta Auto Week 2022 Resmi Berjalan Hari ini

“STC-R 3.600cc merupakan kelas baru yang di kejuaraan nasional (kejurnas) kan. Pada kelas ini, mobil  boleh dimodifikasi sebebas-bebasnya. Tapi saya meminimalisir modifikasi. Malah lebih mengoptimalkan mesin standar. Karena pada dasarnya Civic Type R sudah memiliki power mumpuni”, ungkap Alvin.

Tak hanya itu, Honda juga kembali berpartisipasi pada ajang Indonesia Touring Car Race (ITCR) 1.500cc yang diikuti Avila Bahar. Dimana pertama kalinya akan menggunakan Honda City Hatchback RS pada kelas Master Kemudian, pada tahun ini HRI juga memperkenalkan Naufal Rafif Busro, pebalap baru HRI, yang turun di ajang ITCR 1.200cc, mengendarai mobil Honda Brio RS. Naufal baru berusia 15 tahun, sebelumnya mengikuti berbagai ajang balap bergengsi.

Tahun 2019 dan 2021 Naufal ikut Honda Brio Speed Challenge (HBSC), dan tampil sebagai juara kedua dan pertama. Lalu ikut kejurnas ITCR tahun 2019 dan 2021 sebagai juara ketiga dan pertama. Selain kejurnas touring, HRI juga umumkan menurunkan dua pebalap slalom pada kejuaraan Autogymkhana 2022, yakni Anandyo Dwiki pada kelas A (Man), serta Canya Prasetyo pada kelas A (Woman).

Sebagai informasi, Autogymkhana merupakan kejuaraan slalom nasional, yang akan diadakan di beberapa daerah di Indonesia, mulai Maret hingga November 2022.

Baca Juga:
Mesin CNC Suzuki Jadi Bukti Sektor Industri Peduli Vokasi

Pada musim yang sama, Honda juga bakal menyelenggarakan event One Make Race (OMR) 2022. Terdiri dari Honda Brio Speed Challenge (HBSC), serta Honda City Hatchback RS Speed Challenge (HCHSC). Untuk HCHSC digelar pertama kalinya, demi menggantikan Honda Jazz Speed Challenge.

“Tahun ini menjadi tahun pertama Honda City Hatchback RS beraksi di OMR. Ada komposisi terbaru, sehingga diharapkan dapat lebih fokus, dan menunjukkan potensi terbaik, secara individu maupun tim”, pungkas Billy yang juga mengatakan HRI tahun ini kembali didukung Eneos dan Wincos.


(uda)