Daihatsu Bekali Ratusan Guru SMK di Jogja Pengetahuan Seputar Teknologi Otomotif

Pelatihan virtual Daihatsu kepada ratusan guru SMK di Jogja (Foto: ADM)
Pelatihan virtual Daihatsu kepada ratusan guru SMK di Jogja (Foto: ADM)

Autogear.id - Guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa sangat berperan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Maka sudah selayaknya, sebagai ujung tombak utama demi mewujudkan generasi bangsa yang pintar, kaum pendidik ini mendapat penyegaran dalam berbagai pengetahuan dan pemahaman. Salah satunya pengetahuan dan pemahaman seputar teknologi otomotif terkini.

Menyikapi hal tersebut, belum lama ini PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memberikan pelatihan secara virtual kepada ratusan guru SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) binaan se-Yogyakarta. 

Dalam pelatihan tersebut, diberikan sharing seputar teknologi terbaru, mulai dari pengenalan fungsi, mekanisme kerja komponen, dan troubleshooting. Tak ketinggalan pengenalan fasilitas produksi dalam membuat kendaraan rendah emisi dan ramah lingkungan.

“Pelatihan ini merupakan salah satu wujud kontribusi kami dalam program vokasi dan industri. Untuk meningkatkan link and match antara sekolah dengan dunia industri, sebagai komitmen kami dalam mencerdaskan bangsa,” ujar Aji Prima Barus Nurcahya, Section Head Service Training Dept. ADM.

Lewat acara ini, diharapkan para guru SMK yang mendapat pelatihan ini bisa meneruskan pengetahuan dan pemahaman yang didapat, kepada siswa-siswi di sekolahnya. Tujuannya, agar siswa-siswi dapat membekali diri dengan lebih baik, dan siap terjun langsung ke dunia industri.

Pada pelatihan ratusan guru SMK di Jogja ini diberikan sharing teknologi fitur seperti HSA (Hill Start Assist), Power Door Lock, Back Sonar, Automatic Light Control, Emergency Stop Signal (ESS), Vehicle Stability Control (VSC), Around View, dan A.S.A (Advanced Safety Assist).

“Seperti diketahui, fitur HSA dapat mencegah mundurnya mobil ketika berada di tanjakan dan dalam kondisi stop & go. Dengan memberi waktu 3 detik, saat memindahkan posisi kaki dari pedal rem ke pedal gas. Sehingga pengemudi tidak khawatir mobil akan mundur,” terang Aji.

embed

Sedangkan untuk fitur Power Door Lock, kunci pintu dapat secara otomatis mengunci, ketika kecepatan 20 km/jam. Kemudian teknologi otomotif terkini Back Sonar, yang membantu pengguna mengetahui posisi jarak mobil dengan objek luar di belakangnya, ketika bermanuver mundur.

Ada juga pelatihan tentang teknologi, ketika Switch Dimmer diposisikan ‘Auto’, Automatic Light Control mengatur secara otomatis hidup dan matinya lampu kendaraan, sesuai karakter pencahayaan terang, redup atau gelap. 

Pembelajaran seputar ESS; lampu hazard akan berkedip ketika mengerem mendadak, bertujuan memberi tanda pengemudi di belakangnya agar lebih berhati-hati. Serta VSC, yang berperan mencegah Over Steer dan Under Steer ketika berbelok. Sehingga aman saat berkendara. 

Diberikan pula pengetahuan terkait fitur Around View, yang menampilkan gambar dari 360° sudut kendaraan. Selain keamanan saat parkir, juga bantu memudahkan pengendara ketika melewati dan berpapasan dengan pengendara lain di jalan sempit.

Satu lagi sharing fitur keselamatan A.S.A, yang bekerja dengan menggunakan sensor pada Stereo Camera di kaca depan yang dapat mendeteksi objek di depan mobil. Lalu memberi peringatan jika mobil dalam potensi bahaya. 

Fitur A.S.A memiliki enam fungsi masing-masing, yaitu Pre-Collision Warning, Pre-Collision Braking, Pedal Misoperation Control, Front Departure Alert, Lane Departure Warning, dan Lane Departure Prevention.


(acf)