Serba-Serbi MotoGP

Tim-Tim MotoGP Non Pabrikan Dapat Sumbangan dari Dorna

Promotor MotoGP beri bantuan finansial untuk tim-tim non pabrikan. autosport
Promotor MotoGP beri bantuan finansial untuk tim-tim non pabrikan. autosport

Autogear.id: Penyelenggaraan MotoGP 2020 yang berantakan akibat wabah global Covid-19 mendatangkan bencana krisis finansial terhadap tim-tim MotoGP. Terlebih lagi untuk tim non pabrikan yang benar-benar mengandalkan sumber dana dari pihak sponsor untuk setiap seri. 

Oleh karena itu, demi menyelamatkan tim-tim independen yang ada di MotoGP, promotor Dorna Sports berinisiatif untuk membantu keuangan tim paling tidak hingga tiga bulan ke depan dengan harapan MotoGP 2020 sudah dimulai pada Juni atau awal Juli. 

"Tim Independen MotoGP masing-masing akan menerima bantuan yang dibayarkan selama bulan April, Mei dan Juni, terlepas dari apakah kegiatan dimulai kembali atau tidak," jelas keterangan resmi Dorna.

"Ini untuk menjamin kesejahteraan ekonomi Tim Independen dan staf mereka, serta untuk mengamankan penghidupan mereka untuk masa depan," lanjut Dorna. 

Tak hanya tim-tim di MotoGP, tim balap yang berkompetisi di kelas Moto2 dan Moto3 juga akan menerima bantuan. "Pembayaran juga diberikan ke semua tim Moto2 dan Moto3 untuk mendukung mereka selama periode yang sulit ini. Langkah-langkah lebih lanjut untuk tim kelas menengah dan ringan akan dipertimbangkan pada waktunya," terang Dorna. 

Insiatif Dorna sebagai promotor layak diapresiasi. Pasalnya kebijakan seperti ini tidak dilakukan promotor Formula 1. Imbasnya, sudah ada beberapa tim yang terpaksa memecat kru hingga memotong gaji pembalap, salah satunya McLaren F1.


(uda)