Serba-Serbi MotoGP

MotoGP: Setelah Sachsenring, Giliran Assen Minta 'Reschedule'

MotoGP Belanda 2020 kemungkinan dijadwal ulang. autosport
MotoGP Belanda 2020 kemungkinan dijadwal ulang. autosport

Autogear.id: MotoGP Belanda di Sirkuit Assen juga kemungkinan besar akan ikut mundur. Meski belum memutuskan penundaan, namun penyelenggara GP Belanda sudah menyampaikan keraguan untuk menggelar balapan yang dijadwalkan berlangsung tanggal 28 Juni 2020 mendatang. 

"Kami tidak yakin bisa mengadakan event dengan penonton 100.000 orang pada bulan Juni," jelas keterangan penyelenggara dikutip dari Crash, Selasa (21/4/2020).

Keraguan ini menyusul langkah MotoGP Jerman yang lebih dulu mengajukan penundaan serta meminta tanggal pengganti akibat perpanjangan larangan kegiatan publik oleh pemerintah Jerman akibat wabah Covid-19 yang belum mereda. 

Seri Sachsenring dan Assen hanya berjarak sepekan. Jika Sachsenring dan Assen pada akhirnya resmi ditunda, maka sirkuit baru KymiRing di Finlandia menjadi venue pembuka tanggal 10-12 Juli. Namun hal ini memunculkan masalah lainnya, mengingat sirkuit KymiRing belum dihomologasi.

Sebelumnya, Dorna Sports selaku promotor MotoGP berharap GP Jerman dan Belanda tetap digelar 'on schedule' namun dengan skema tertutup alias tanpa penonton. Alasan Dorna pun karena menghindari 'PR' homologasi sirkuit KymiRing serta sesi tes ban yang harus digelar di Sirkuit Finlandia tersebut. 

Opsi lainnya, Dorna juga mengusulkan kalender balapan alternatif, mulai Agustus. Dengan harapan musim MotoGP 2020 masih akan bisa dihelat dengan 10 balapan. Dalam kalender alternatif ini, Assen bisa menempati jadwal di antara pertengahan Agustus dan akhir September.


(uda)