Dakar Rally 2022 (Etape-9)

Bagi-Bagi Kemenangan, Pereli Toyota Dominasi Kemenangan Etape-9

Giniel De Villiers kawal Toyota GR memenangi etape-9 Dakar Rally Arab 2022. Red Bull CP
Giniel De Villiers kawal Toyota GR memenangi etape-9 Dakar Rally Arab 2022. Red Bull CP

Autogear.id - Kekuatan para pereli tim Toyota Gazoo Racing akhirnya terbukti merata setelah melalui etape-9 yang mengitari sisi tenggara Wadi Ad Dawasir pada Selasa (11/1/2022). Masih dalam event Dakar Rally Arab 2022, Giniel de Villiers mengamankan kemenangan etape pertamanya di DR Arab 2022.

Lintasan sepanjang 491 km termasuk 287 km etape spesialnya itu memang terbilang singkat dari beberapa etape sebelumnya. Para pereli di kategori mobil pun hanya menempuhnya dengna catatan waktu tercepat 2 jam 23 menit. 

Bagian yang istimewa kali ini adalah karena tiga pereli tim Toyota GR finish di 3 besar dengan De Villiers sebagai pemenang. Disusul oleh Henk Lategan yang di beberapa etape sebelumnya juga sempat meraih kemenangan dan di posisi ketiga ada Nasser Al Attiyah yang kembali memperkuat posisinya di klasemen sementara.

"Di etape ini saya memilki etape yang cukup solid dan minim kesalahan. Tim mekanik Toyota GR ini bisa dibilang sangat telaten karena dua hari terakhir mobil saya mengalami masalah di sistem peredam getaran. Memang ada sedikit masalah karena ban bocor halus di 50 km menjelang garis finish. Namun kami tetap lanjut dan merasa semuanya akan baik-baik saja dan akhirnya kami finish di urutan pertama," papar De Villiers.

Baca Juga:
Cornejo Menang Lagi, Pimpinan Klasemen Bergeser ke Walkner

Al Attiyah yang sedang berada di atas angin lantaran pencapaian waktunya di klasemen sementara kian menguat dengan tersisa 3 etape lagi menegaskan bahwa selangkah lagi mengakhiri balapan di Dakar Rally Arab 2022 dengan posisi yang kian menguntungkan.

"Tim Toyota sangat solid kali ini dan saya juga mengakui performa ban BF Goodrich karena mampu memberikan ban yang bisa melibas ragam lintasan berbatu, berkerikil hingga gurun pasir dengan sangat baik. Saya rasa hari ini kami sangat senang, bukan hanya untuk diri sendiri, namun juga bagi tim," klaim Attiyah.

Kegembiraan yang dirasakan Attiyah justru berkebalikan dengan Sebastien Loeb yang menjadi rival terdekatnya di klasemen pereli sementara. Pereli asal Prancis itu malah mengalami masalah di trek berbatu. 

"Sebenarnya tidak ada masalah teknis atau apa pun di mobil. Saya hanya menekan terlalu keras di trek berbatu untuk mencetak waktu tercepat yang lebih baik. Faktanya malah membuat ban jadi bocor dan kami harus mengganti ban."

Meski dari sisi pencapaian di klasemen selisih Loeb dari Attiyah masih terpaut 39 menit, namun selama Dakar Rally Arab belum benar-benar berakhir, semua hal masih memungkinkan untuk terjadi.

Hasil Dakar Rally Arab 2022 Etape-9 (mobil):
1. (ZAF) GINIEL DE VILLIERS, TOYOTA GAZOO RACING, 02H 23' 08''
2. (ZAF) HENK LATEGAN, TOYOTA GAZOO RACING, + 00H 00' 09''    
3. (QAT) NASSER AL-ATTIYAH, TOYOTA GAZOO RACING, + 00H 01' 04''

Klasemen sementara Dakar Rally Arab 2022 (mobil):
1. Nasser Al-Attiyah, TOYOTA, 30:10:04    
2. Sebastien Loeb, PRODRIVE, +00:39:05
3. Yazeed Al Rajhi, TOYOTA, +00:58:44 (penalti 35 detik)


(uda)