Autogear.id: Era digital seperti sekarang ini memaksa semua orang agar bisa beradaptasi untuk menyalurkan informasi dan konten positif dalam berbagai bidang. 

Karena alasan inilah Honda Indonesia menggelar pelatihan jurnalisitk dan pembuatan konten kreatif yang diikuti oleh perwakilan dari komunitas-komunitas pengguna mobil Honda di Indonesia pada tanggal 18 – 19 Mei 2020. 

Acara ini merupakan yang kedua kalinya setelah sebelumnya diselenggarakan pada tanggal 24 November 2019. Pada edukasi sebelumnya, para perwakilan komunitas Honda diberikan pengetahuan mengenai cara menulis berita, menjalin hubungan dengan media, serta membuat foto dan video yang baik untuk media cetak dan media sosial.

Berbeda dengan pelatihan pertama, edisi kali ini sedikit berbeda karena metode pelatihan dibuat secara virtual mengingat aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diterapkan pemerintah. 

Fokus pelatihan kali ini adalah memberikan edukasi tentang memanfaatkan teknologi digital dan media online sebagai sarana komunitas menyebarkan informasi mengenai aktivitas yang mereka lakukan. Tentunya hal ini bertujuan untuk meningkatkan popularitas komunitas sekaligus memperkuat 'brand awareness' dari jenis kendaraan yang mereka gunakan. Istilah lainnya, komunitas harus bisa 'jual diri' mengingat mereka juga merupakan bagian dari industri otomotif. 

“Selama ini Komunitas Honda sangat aktif dan banyak melakukan berbagai aktivitas, termasuk aksi sosial di masa pandemi saat ini. Pelatihan ini merupakan dukungan Honda bagi para konsumen loyal yang tergabung dalam komunitas agar mereka tetap produktif dan semakin kreatif dalam menggunakan media digital untuk melakukan aktivitas yang berguna bagi masyarakat,” kata Public Relations & Digital Manager PT Honda Prospect Motor (HPM), Yulian Karfili dalam keterangan resminya. 

Selain itu, para peserta juga diajak untuk berbagi dan menggali ide-ide kreatif mengenai aktivitas yang tetap dapat dilakukan selama di rumah atau selama masa pembatasan sosial.

Pelatihan kali ini juga didukung narasumber dari jurnalis media nasional yang sudah berpengalaman di bidang media online dan konten kreatif di media sosial. Sebanyak 40 orang dari 24 komunitas pengguna mobil Honda di Indonesia ikut ambil bagian dalam pelatihan virtual yang berlangsung selama 2 hari ini. 


(uda)