Daihatsu Thor Seat Lift, Mobil untuk Penyandang Disabilitas & Lansia

Daihatsu luncurkan Thor edisi Seat Lift di Jepang untuk mendukung disabilitas dan lansia (Foto: Daihatsu Jepang)
Daihatsu luncurkan Thor edisi Seat Lift di Jepang untuk mendukung disabilitas dan lansia (Foto: Daihatsu Jepang)

Autogear.id - Agar lebih bersahabat buat para penumpang berkebutuhan khusus, mulai dari penyandang disabilitas, hingga lansia, Daihatsu Motor Co., Ltd. (DMC) telah meluncurkan Thor edisi Seat Lift beberapa waktu lalu (6/7).
 
Thor edisi Seat Lift merupakan sebuah mobil penumpang yang kompak dan mulai dipasarkan secara nasional di Negeri Sakura, Jepang. Sejak dirilis pada November 2016, pertumbuhan Daihatsu Thor tergolong meningkat. Thor digadang-gadang menjadi salah satu model kontributor mobil kompak bagi Daihatsu. 

Melansir dari www.daihatsu.com, Daihatsu Thor edisi Seat Lift ini merupakan penambahan line up welfare vehicles. Supaya para penumpang berkebutuhan khusus seperti penyandang disabilitas, hingga lansia dapat terbantu akses kemudahan ketika masuk-keluar dari kendaraan. 

Pada edisi Seat Lift, Daihatsu Thor memiliki fitur kursi penumpang depan yang dapat berotasi menuju arah keluar dan turun ke bawah. Teknologi kekinian dari fitur yang diusung Thor Seat Lift ini, dapat dioperasikan menggunakan wireless remote control.

Fungsinya untuk mengurangi beban penumpang, serta beban bagi orang-orang yang membantu penumpang berkebutuhan khusus tersebut, ketika hendak masuk maupun keluar kendaraan.

Secara tampilan, Daihatsu Thor selama ini memang dikenal memiliki dimensi ukuran bodi yang kecil, namun diperkuat kabin interior yang luas, juga posisi bangku penumpang yang cocok untuk digunakan dalam berbagai situasi. Alhasil, di Jepang, Thor mendapat sambutan positif dari masyarakat setempat. 

Seiring waktu berjalan, Daihatsu Thor telah mengalami sejumlah perubahan desain pada sisi eksterior dan interior. Perubahan itu terjadi tepatnya pada bulan September 2020, dengan adanya penambahan peningkatan fungsi keselamatan serta keamanan bagi penggunanya. 

Berdasarkan riset mendalam yang telah dilakukan oleh Daihatsu di Jepang, mobil Daihatsu memiliki pangsa pasar tertinggi. Kondisi demikian membuat Daihatsu Jepang mendapat apresiasi luas dari pelanggannya di sana dalam permintaan welfare vehicles. Seperti kendaraan yang memudahkan akses pengguna kursi roda (wheelchair accessible vehicles), seat lift vehicles, dan turn seat vehicles.

Melalui hadirnya Daihatsu Thor edisi Seat Lift ini, diklaim pihak Daihatsu Jepang dalam keterangan persnya mengatakan, akan terus berkomitmen dalam memberikan produk dan pelayanan terbaik. Ditunjang beragam kemudahan dan kenyamanan demi memenuhi kebutuhan pelanggan melalui kendaraan kompak. 

Namun disayangkan, pihak Daihatsu Jepang dalam keterangan persnya belum mengatakan berapa harga yang cocok untuk model Thor Seat Lift ini. Dan apakah Daihatsu Thor edisi Seat Lift ini juga akan diboyong, serta ikut meramaikan pertarungan di tengah-tengah pasar otomotif di Indonesia? Kita tunggu saja tanggal mainnya ya...


(acf)