Serba-Serbi MotoGP

Peluang Rossi ke Satelit Yamaha Sudah Ada Titik Terang

Valentino Rossi sedikit lagi bakal mendarat di tim satelit Yamaha. dorna sports
Valentino Rossi sedikit lagi bakal mendarat di tim satelit Yamaha. dorna sports

Autogear.id: Yamaha Petronas secara resmi belum membahas kesepakatan dengan Valentino Rossi untuk musim 2021 mendatang. Di satu sisi, tim satelit Yamaha tersebut harus sudah membahas kontrak tersebut pekan ini. 

Pekerjaan rumah yang harus dituntaskan oleh tim yang bermarkas di Sepang, Malaysia tersebut adalah terkait klausul hak komersial Rossi termasuk hak foto, sponsor pribadi, serta paket mekanik Rossi yang juga harus ikut bersama the doctor. 

Secara terbuka, pihak Yamaha Petronas menegaskan sangat ingin Rossi bergabung. "Kami mengamankan kursi untuknya (Rossi)," kata kepala tim Razlan Razali dikutip dari Crash, Senin (11/5/2020). 

"Tapi kami benar-benar perlu memahami kesepakatan. Kami perlu memahami apa yang dia (Rossi) inginkan," lanjutnya.

Berdasarkan laporan dari media Italia, Rossi sendiri dikabarkan sepakat bergabung dengan Yamaha Petronas musim depan, termasuk opsi perpanjangan hingga musim 2022. 

Sebelumnya, Rossi berniat mengumumkan keputusannya dengan melihat seberapa kompetitif dirinya di usia 41 tahun. Akan tetapi penundaan balapan akibat wabah global Covid-19 sepertinya membuat the doctor harus menggeser rencana pensiun hingga musim depan, karena dengan kondisi saat ini jelas tidak objektif untuk mengukur level kompetitif. 

Sementara itu, Fabio Quartararo yang saat ini masih membela Yamaha Petronas sudah dipastikan bergabung ke tim utama musim depan dan berduet bersama Vinales. Artinya Rossi akan menggantikan posisi Quartararo di tim Yamaha Petronas.


(uda)