Ban Kingland RTX 5 Meluncur Usung Tiga Teknologi Ini, Apa Saja?

Ban Kingland RTX 5 yang baru dirilis (Foto: Kingland Tire)
Ban Kingland RTX 5 yang baru dirilis (Foto: Kingland Tire)

Autogear.id - Jelang tutup tahun 2021, sejumlah produk aftermarket pendukung otomotif memperkenalkan varian terbarunya. Salah satunya merek Kingland Tire, merilis ban premium terbaru, RTX 5, Selasa (7/12/2021). 

Ban terbaru RTX 5 diklaim Kingland berbeda dengan sejumlah ban yang telah beredar di pasaran. Kingland RTX 5 dikembangkan dengan Axcero Tech. Sebuah teknologi yang dimiliki Kingland, untuk pengembangan ban tipe performa tinggi dan ban balap.

Menurut Joko Suseno, Marketing Head Division Kingland Tire, RTX 5 berkarakter sport touring, yang mana di dalamnya tersemat tiga teknologi utama. 

Pertama, teknologi aggressive traction pattern. Dikembangkan dengan merancang dua arah pattern, sehingga memberi nilai lebih pada traksi, baik saat akselerasi (percepatan) atau deselerasi (perlambatan). 

Kedua, teknologi wider grip contact atau kontak area yang maksimal dengan diimbangi desain rasio yang tepat. “Ini didesain untuk mendapatkan handling responsif, serta stability yang baik”, kata Joko.

Teknologi yang ketiga adalah touring comfort construction. Pada material dan desain konstruksi yang dirancang, ditambahkan tipe kompon yang lebih lembut. 

Menjadikan Kingland RTX 5 menurut Joko selain menawarkan kenyamanan untuk rute harian, juga untuk touring atau berkendara jarak jauh. 

“Perbedaan lain pada tipe ban ini adalah disematkannya speed simbol ‘S’. Ban ini lolos uji kecepatan dalam batas waktu tertentu. Waktunya di atas rata-rata speed simbol pada ban sejenisnya," jelasnya.

Sebelum RTX 5 dirilis, Kingland telah merancang proses yang sangat detil. Salah satunya Focuss Group Discussion (FGD) guna mendapatkan saran-saran, melibatkan perwakilan komunitas motor seperti komunitas Honda ADV dan Yamaha Aerox serta NMax. 

Ega Suryana, Technical Service Head Department Kingland Tire menegaskan, setelah tahap awal berupa desain dan pengembangan, selanjutnya dilakukan uji coba. 

Pengetesan dilakukan selain di Sirkuit Sentul, juga melibas sejumlah kota di Indonesia. “Salah satunya juga jalur Banda Aceh hingga Medan, sekitar 700 Km", tukas Ega yang ikut langsung menguji RTX 5 dari 0 Km Sabang. 

Ferry Chandra, Nasional Sales Manager Kingland Tire mengatakan, sebagai produk anak bangsa, RTX 5 disiapkan untuk memenuhi kebutuhan para pengendara skutik Honda ADV, PCX, Vario dan Honda BeAT. Serta Yamaha Aerox, NMax dan Lexi. 

Mematok harga eceran tertinggi (HET) setara dengan harga pesaingnya, Kingland RTX 5 memiliki beberapa ukuran. Antara lain 90/80-14, 100/80-14, 110/80-14, 120/70-14, 140/79-14, 120/70-13, dan 140/70-13.


(acf)