Pelanggan Kini Bisa Ajak Ngobrol TalkBot untuk Jual Beli Mobil

CARRO berniat lebih luas menjangkau pasar Asia Tenggara (Foto: Autogear.id/Alun Segoro)
CARRO berniat lebih luas menjangkau pasar Asia Tenggara (Foto: Autogear.id/Alun Segoro)

Autogear.id - TalkBot, sebuah fitur kecerdasan artifisial berbasis suara dipersembahkan CARRO Indonesia, sebagai platform jual beli mobil online dan offline.

Bekerja sama dengan WIZ.AI, yang merupakan pengembang sistem Voice Artificial Intelegence (Voicebot) bagi bisnis, CARRO dikatakan terus berinvestasi ke teknologi.

Melakukan kerjasama dengan ekosistem yang memiliki visi sejalan untuk memperbaiki pengalaman jual beli para pemilik mobil.

“Sektor otomotif di Asia Tenggara tengah berada di pusat revolusi digital. Pandemi Covid-19 ternyata mempercepat penerapannya di industri otomotif,” ujar Aditya Lesmana, Co-Founder CARRO.

Ia mengatakan, CARRO secara konstan menyesuaikan diri, untuk berinteraksi lebih baik kepada pelanggan lewat berbagai cara. Antara lain melalui teknologi TalkBot.

“Kerjasama WIZ.AI dengan CARRO, dalam mengembangkan teknologi untuk merambah industri otomotif, kiranya mampu mendigitalisasi industri ini. Agar lebih menjangkau pasar di Asia Tenggara”, ujar Jennifer Zhang, CEO dan Founder WIZ.AI.

Perlu diketahui, TalkBot sendiri merupakan sistem hiper personalisasi, untuk mendukung interaksi dengan pelanggan yang berniat menjual atau membeli kendaraan.

Fitur ini resmi diluncurkan menyongsong tahun 2022, dimana Indonesia sebagai pasar pertamanya, sebelum memasuki negara Asia Tenggara lainnya.

TalkBot bukan hanya bot yang bisa menjawab pelanggan. Tapi juga bisa mendengar, memahami, dan berbicara beberapa bahasa negara di Asia Tenggara dengan aksen lokal.

Sehingga TalkBot mampu menyesuaikan ragam pertanyaan pelanggan, dengan nada dan ekspresi percakapan pada umumnya.

Voicebot berbasis AI yang sudah diperkenalkan sejak Desember 2021, mampu melayani lebih dari 95% percakapan dengan pelanggan melalui telepon.

Penggunaan teknologi Talkbot AI meningkatkan kapasitas call center CARRO, untuk memproses panggilan hingga lebih dari 400% tanpa penambahan sumber daya manusia.

Selain menerima panggilan, TalkBot juga dapat melakukan percakapan hingga panggilan berakhir. Dikatakan, kemampuan TalkBot diharapkan dapat membantu menambahkan potensi volume transaksi.

Di samping proses pembelian mobil secara hybrid online-offline, konsumen CARRO juga bisa mengakses riwayat mobil lengkap secara online. Ataupun melihat mobil, dan melakukan test drive langsung di CARRO Automall serta Customer Experience Center.

Terkait distribusi, CARRO juga menawarkan program Nationwide Delivery, untuk melayani pengiriman mobil dari Sabang sampai Merauke.


(acf)