Serba-Serbi Formula 1

F1 Virtual: George Russel Cetak Hattrick

George Russel raih kemenangan ketiga beruntun di F1 Virtual Azerbaijan. planetf1
George Russel raih kemenangan ketiga beruntun di F1 Virtual Azerbaijan. planetf1

Autogear.id: George Russel semakin menunjukkan dominasinya dengan kembali menjadi pemenang pada round 7 F1 Virtual Azerbaijan Senin (8/6/2020) dini hari WIB. 

Putaran ketujuh ini, ada banyak peserta debutan yaitu Sergio Perez, Pierre Gasly, serta juara Dunia Reli Dakar Matthias Walkner, hingga pesepakbola Gianluigi Donnarumma dan Aymeric Laporte. 

Hasil ini merupakan kemenangan ketiga beruntun George Russel di ajang F1 Virtual. Sebelumnya, pembalap Williams ini juga berjaya GP Monaco dan GP Spanyol. 

Start dari pole position, Russel langsung tancap gas diikuti oleh Alex Albon, Esteban Guttierez, Louis Deletras dan Lando Norris. 

Hingga pertengahan lomba, Russel sudah memimpin dengan gap 4 detik dari pembalap di belakangnya Alex Albon. 

Usai memasuki pit stop, Russel mengaku khawatir karena salah memilih ban. Ia memilih menggunakan medium sedangkan Albon menggunakan ban hard saat masuk ke pit.

Benar saja, Albon mampu membuntuti Russel cukup ketat di lima putaran terakhir. "Saya sedikit khawatir karena menggunakan ban medium, dan Albon dengan hard. Saya sempat berpikir dia pasti akan bangkit di akhir," kata Russel. 

Namun dua lap jelang finish, Albon justru mendapatkan penalti tiga detik. Hal ini membuat Russel melenggang di podium pertama. Sedangkan Albon yang diganjar penalti tetap mengamankan posisi kedua karena sudah cukup jauh meninggalkan kompetitor lainnya. 

Posisi ketiga menjadi milik Esteban Guttierez disusul Lando Noris dan Osar Piastri masing-masing posisi keempat dan kelima. 

Nasib sial justru menimpa lawan terberat, Charles Leclerc. Pembalap Ferrari tersebut tampak kesulitan sejak lap pertama. Leclerc harus terlempar dari posisi 10 besar karena mengalami sejumlah insiden. Bahkan Leclerc juga diganjar dua kali penalti 3 detik akibat melakukan sejumlah pelanggaran.

F1 Virtual masih menyisakan satu seri terakhir, dan George Russel sejauh ini menjadi pembalap dengan kemenangan terbanyak. 

Hasil F1 Virtual round 7 Azerbaijan: 

1. George Russell, Williams
2. Alex Albon, Red Bull    
3. Esteban Gutierrez, Mercedes
4. Lando Norris    McLaren    
5. Oscar Piastri, Renault
6. Pietro Fittipaldi, Haas
7. Nicholas Latifi, Williams
8. Ben Daly, McLaren
9. Anthony Davidson, Mercedes
10. Jimmy Broadbent, Racing Point


(uda)