Bagaimana Tren Jual-Beli Mobil Bekas di Masa PPKM Level 4?

Showroom mobil bekas (foto internet - motorist.sg)
Showroom mobil bekas (foto internet - motorist.sg)

Autogear.id - Saat ini pemerintah masih menetapkan pemberlakuan PPKM, untuk membatasi gerak masyarakat. Terkait penyebaran pandemi covid-19 yang sudah berlangsung tak kurang satu setengah tahun.

Pada akhirnya banyak masyarakat mengerem, menunda segala aktivitas atau rencana dalam jangka pendek, menengah dan panjang. Satu di antaranya adalah rencana membeli kendaraan roda empat. 

Padahal sejumlah Agen Pemegang Merek (APM) mobil sudah dibekali peluru PPnBM, insentif dari pemerintah. Supaya mobil baru banyak terlempar ke pasar. Tetapi, tetap saja ada masyarakat yang lebih memilih mobil seken. Karena memang faktanya, kualitas mobil seken sekarang tak terlalu beda jauh dibanding mobil baru.

Lalu, sejauh mana perkembangan tren jual beli mobil seken di masa PPKM ini?

Delly Nugraha, Country Head Carsome Indonesia sebagai salah satu platform online jual beli mobil seken mengatakan, selama PPKM Darurat maupun Level 4, kedua segmen terkena dampaknya. Apakah itu yang menjual, maupun membeli mobil seken.

“Terjadi penurunan, ya penjual, ya pembeli. Mungkin bukan karena mereka tidak mau menjual atau membeli, melainkan menahan dulu, hingga situasi dan kondisi lebih kondusif,” ucapnya saat jumpa pers virtual keikutsertaan Carsome, pada ajang Indonesia Modification Expo (IMX) 2021 yang rencananya dihelat 2 Oktober mendatang.

Menurut Delly, istilah menahan di sini juga lebih kepada faktor menjaga kesehatan. Penjual dan pembeli rata-rata masih enggan bertemu tatap muka dengan staf Carsome. Walaupun ditegaskannya, Carsome sudah memberi jaminan protokol kesehatan yang ketat. 

“Walaupun proses secara online, tapi untuk melihat mobil langsung kan tetap butuh tatap muka. Oiya, kebanyakan pelanggan juga menahan dulu, karena beralasan masih sering beraktivitas dari rumah,” jelasnya. Adapun model mobil seken terlaris saat ini, diakui Delly untuk Carsome masih didominasi MPV dan SUV kompak maupun besar.

Sebagai info tambahan, salah satu bentuk kolaborasi IMX dengan Carsome, adalah hadiah undian mobil modifikasi Supergiveaway. Akan diberikan kepada penonton beruntung, pada seri Road to IMX 2021: Virtual Stage di Pekanbaru, 7 Agustus mendatang.

Unit mobil seken yang dimodifikasi tersebut dibeli di Carsome. Kemudian digarap para modifikator, yang tergabung dalam National Modificator & Aftermarket Association (NMAA).

Dalam IMX kali ini, Carsome juga terlibat sebuah proyek apparel ‘nostalgic racing’ bareng merek streetwear asal Bandung, Raw Type Riot. Juga berkolaborasi dengan ZCD, STP, Yokohama dan velg kenamaan Enkei. Nantinya apparel hasil kolaborasi itu akan dijual pada kegiatan puncak IMX 2021.


(acf)