Motor Listrik

Tampang Sangar HyperFighter Kanada, Siapin Duit Rp500 Juta!

Tampang sangar Hyperfighter dari pabrikan Damon di Kanada ini, menyita perhatian para pecinta motor listrik. Sayangnya belum ada ada info kapan dirikim ke konsumen. Damon
Tampang sangar Hyperfighter dari pabrikan Damon di Kanada ini, menyita perhatian para pecinta motor listrik. Sayangnya belum ada ada info kapan dirikim ke konsumen. Damon

Autogear.id - Pabrikan motor di dunia saat ini mulai banyak yang melakukan eksperimen tersendiri terhadap motor listrik. Bukan hanya untuk keperluan energi terbarukan dan ramah terhadap lingkungan, kini sudah memasuki tahap gaya hidup dan juga gaya anak motor yang sebenarnya.

Salah satunya dilakukan oleh Damon, pabrikan motor asal Kanada ini kembali mengenalkan varian terbaru dari motor naked berjenis HyperFighter mereka yaitu Colossus. Motor ini diklaim menggunakan rangka monokok, mono-arm, suspensi dari Ohlins hingga sistem pengereman dari Brembo.

Bicara soal muntahan tenaganya, Damon mengklaim mencapai 197 bhp dan ini menjadi tenaga yang sangat besar untuk karakter motor listrik yang akan dijual untuk umum. Meski tenanganya cukup besar, namun urusan torsi, produk Damon lainnya yaitu Unlimited 15, masih lebih besar. 

Dari hasil keterangan yang mereka rilis, untuk daya gebrak dari titik diam ke 100 km per jam, Unlimited 15 mampu mencapai 3 detik. Sementara untuk Colossus dan Unlimited 20 hanya 5 detik. Ini tidak terlepas dari penyematan baterai berkapasitas lebih kecil (dari jarak tempuh 235 km ke 193 km saja. 

Baca Juga:
Kejar Waktu Attiyah, Loeb Menangi Etape-7

Mengapa torsinya sangat jomplang, tentu berbicara soal bobot baterai yang digendongnya. Mengingat penambahan kapasitas baterai, bisa membuat perbedaan yang cukup signifikan terhadap bobot motor. 

Meski kapasitas Unlimited 20 dan Colossus lebih besar, namun untuk mengisinya dari nol persen ke 90 persen, hanya membutuhkan waktu selama 2,5 jam saja. Namun dengan syarat, soket yag digunakan berjenis 240 volt. Sementara versi baterai yang lebih kecil hanya butuh 2 jam untuk mencapai kapasitas 90 persen.

Untuk penggunaan fast charging atau pengisian baterai cepat, kedua tipe baterai mampu mengisi hingga 80 persen dengan 45 menit saja. Sayangnya, data-data ini masih sekadar klaim saja dari pabrikan Damon. Belum ada data ril yang mereka rilis dari hasil pengetesna secara langsung. 

Uniknya, meski tanpa data detail, Damon bahkan sudah mengeluarkan harga jual ketiga hyperfighternya itu. Colossus akan dibanderol $35 ribu USD (Rp500 jutaan), lalu Unlimited 20 dengan $25 ribu USD (Rp357 juta), dan Unlimited 15 seharga $19 ribu USD (Rp272 juta). 

Meski belum pernah diumumkan akan dikirim ke konsumennya kapan, namun berbicara soal brand otomotif Kanada, tentu tak bisa dianggap sebelah mata. Mengingat Can-Am pun berasal dari negara tersebut dan terbilang sukses. Bagaimana menurut Anda?   


(uda)