Dakar Rally 2022 (Etape-7)

Kejar Waktu Attiyah, Loeb Menangi Etape-7

Sebastien Loeb menangi etape-7 namun merasa banyak masalah yang terjadi mobilnya di akhir etape spesial di etape-7. RedBull CP
Sebastien Loeb menangi etape-7 namun merasa banyak masalah yang terjadi mobilnya di akhir etape spesial di etape-7. RedBull CP

Autogear.id - Ambisi Sebastien Loeb mengejar ketertinggalan waktu dari Nasser Al-Attiyah yang memimpin cukup jauh di klasemen pereli Dakar Rally Arab 2022, memang bukan hal mudah. Namun pereli asal Prancis itu tak menyerah, Ia bahkan tampil agresif mengejar ketertinggalannya dari Attiyah dan membuktikannya kembali di etape-7.

Etape yang menjajal lintasan sepanjang 701 km dari Riyadh ke Al Dawadimi pada Minggu (9/1) itu, menyajikan rute etape spesial sepanjang 402 km. Loeb yang punya mimpi besar untuk memenangi DR Arab 2022 ini pun hanya sanggup mereduksi selisih waktunya dari Attiyah sebesar 5 menit. 

Kendati meraih kemenangan di etape ini, Loeb mengakui bahwa etape ini sangat berat baginya. Di akhir etape hari ini, Loeb menegaskan mobilnya mengalami masalah di mesin. Padahal tanpa masalah tersebut, Ia bisa menyisir waktu tercepat dengan selisih besar dari Attiyah yang finish di urutan kedua.

"Mesin mobilku mengalami masalah di akhir etape ini, kami kehilangan waktu yang cukup signifikan menjelang finish. Tapi ya kami tetap keluar sebagai pemenang, jadi saya tidak berhak untuk komplain. Saya juga tak mau bicara soal strategi, kami hanya mengerjakan apa yang pantas kami kerjakan untuk meraih hasil terbaik," klaim Loeb.

Baca Juga:
55 Unit Perdana All New BR-V, Diserahkan ke Pemiliknya

Dengan kemenangan ini, selisih Loeb dengan Attiyah di klasemen sementara terpotong 5 menit hingga menjadi total 44 menit. Namun selisih masih sangat besar dan ini menjadi tugas berat baginya untuk memenangi etape-etape berikutnya. Setidaknya tetap finish di depan Attiyah.

Duo pereli dari tim Audi Sport yaitu Carlos Sainz dan Stephane Peterhansel, konsisten membuntuti dua pereli kawakan di depannya. Keduanya finish di urutan ketiga dan keempat serta mengamankan waktu tercepat dengan selisih 7 menit dan 9 menit di belakang Loeb. 

Meski dari sisi peluang juara bisa dibilang tertutup, namun tahun ini benar-benar jadi pembuktian mobil listrik bisa bersaing di ajang balap terganas dunia itu.

Hasil Dakar Rally Arab Etape-7 (mobil):
1. (FRA) SEBASTIEN LOEB, BAHRAIN RAID XTREME, 03H 09' 32''
2. (QAT) NASSER AL-ATTIYAH, TOYOTA GAZOO RACING, + 00H 05' 26''    
3. (ESP) CARLOS SAINZ, TEAM AUDI SPORT, + 00H 07' 43''   

Klasemen Dakar Rally Arab 2022 (mobil):
1. Nasser Al-Attiyah, TOYOTA, 23:52:22
2. Sebastien Loeb, PRODRIVE, +00:44:59
3. Yazeed Al Rajhi, TOYOTA, +00:53:31 (penalti 35 detik)
 


(uda)