Tak Hanya Mobil, Hyundai Juga Hadirkan Robot Pintar Berkaki Empat

SPOT, Robot pintar berkaki empat buatan Hyundai (Foto: HMID)
SPOT, Robot pintar berkaki empat buatan Hyundai (Foto: HMID)

Autogear.id - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) secara resmi memperkenalkan Spot, sebuah robot pintar berkaki empat dari Boston Dynamics. Dengan Spot, HMID ingin menunjukkan visi global Hyundai, ‘Progress for Humanity’, yang menghadirkan era baru robotik.

Selain itu, kolaborasi antara Hyundai Motor Group dan Boston Dynamics, diakui Hyundai menandakan kalau mereka telah mengambil langkah besar lainnya, dalam mewujudkan mobilitas masa depan. Dimana Hyundai Motor Group akan terus mengembangkan konsep mobilitas mencakup autonomous car, logistik, dan Urban Air Mobility.

SungJong Ha, President Director of HMID mengatakan, Hyundai secara konsisten terus memperkuat posisinya sebagai game-changer melalui berbagai terobosan terdepan dalam rangka mencapai visi Progress for Humanity. 

“Di Hyundai, kami tidak pernah berhenti, namun terus maju dan berusaha untuk mencapai solusi mobilitas ke tingkat selanjutnya. Kehadiran Spot di Indonesia akan menekankan, kepiawaian Hyundai secara global tidak hanya terbatas pada menghadirkan mobil-mobil berkualitas, tapi juga berfokus dan tanpa henti menghadirkan beragam inovasi,” urainya.

Lebih jauh lagi, Ha mengungkapkan, masa depan di mana manusia dan robot akan hidup berdampingan telah datang lebih cepat dari yang selama ini kita pikirkan. 

“Saat ini Hyundai telah menjadi lifetime partner sehari-hari bagi banyak orang, tak lama lagi Spot juga akan menjadi asisten dan pendamping cerdas bagi banyak orang,” ucap Ha. 

Ia pun lantas mengajak semua pelanggan Hyundai dan penikmat otomotif, untuk mengunjungi area Hyundai City Store yang ada di berbagai lokasi di Jakarta, untuk menyapa robot tersebut.

Spot, merupakan robot pertama dari Boston Dynamics yang dikomersialisasikan. Keempat kaki Spot bergerak lincah. Mampu menghindari rintangan dan melewati permukaan kasar secara jauh lebih baik, dibanding menggunakan roda. 

Disamping itu, keempat kaki Spot tersebut juga cukup kokoh untuk menopang beban maksimal hingga 13,6 kg barang bawaan atau kargo. Dalam sebuah tayangan video, robot cerdas ini juga bisa melakukan sebuah tarian menggunakan lagu single BTS yang berjudul ‘IONIQ: I’m On It.

Dalam kesempatan yang ada, Spot dipersiapkan mempertontonkan aksi-aksi cerdasnya. Seperti menari dan berjalan mengitari area, untuk menyambut para pelanggan di sejumlah titik Hyundai City Stores.


(acf)