Demi Baksos dan Silaturahmi, Komunitas XBI Pontianak Rela Libas Hutan

Komunitas XBI Pontianak Rela Libas Hutan demi melakukan baksos dan silaturahmi (Foto: XBI Pontianak)
Komunitas XBI Pontianak Rela Libas Hutan demi melakukan baksos dan silaturahmi (Foto: XBI Pontianak)

Autogear.id – Puji sukur kepada Tuhan yang Maha Esa, karena keindahan alam Indonesia digandrungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Banyak yang telah menyambanginya, baik untuk sekadar berwisata maupun menyalurkan hobi berpetualang. 

Destinasi wisata nan indah mempesona tersebut juga menjadi tujuan kunjungan para biker. Mereka menyebutnya Ride to Nature. Seperti pengalaman dari para pemilik Yamaha XSR 155, asal Kota Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar), yang tergabung dalam komunitas XSR Brotherhood Indonesia (XBI) Pontianak. 

Mereka melakukan touring panjang, membelah hutan menuju Kabupaten Ketapang, Kalbar. Sejumlah bikers XSR ini sengaja memilih untuk menjelajahi pesona alam Pulau Kalimantan, yang memang ditopang wilayah hutan yang hijau dan indah.

“Alam Kalimantan teramat luas dan banyak hutan lebatnya. Membuat kami kian bersemangat, dan antusiasme untuk melakukan touring melewati kawasan seperti ini,” ungkap Jeffrey Kristian Hia, Ketua Umum XBI Pontianak dalam keterangan persnya. 

Selain tantangan hutan yang lebat, ditambah lagi jalanan di Kalimantan juga berkarakter lurus. Lalu bertemu tikungan, dan tikungan lagi hingga berkali-kali.

“Kami menyebutnya dengan istilah tikungan ‘ci luk ba’. Ini menjadi sensasi tersendiri. Belum lagi tanjakan dan turunannya. Jadi berkendaranya harus benar-benar fokus dan konsentrasi, agar selamat dalam perjalanan,” terangnya.

Usai menempuh touring jarak jauh yang memakan waktu 12 jam dari Kota Pontianak, mereka pun tiba di tujuan lalu menginap selama dua malam di Ketapang. 

Di sana mereka juga melakukan bakti sosial sekaligus bersilaturahmi, sambangi sesama pengguna XSR 155. Yang menurut mereka, Ketapang berpotensi besar dimana para pengguna XSR-nya begitu bersemangat untuk membentuk chapter XBI.

Ternyata bukan hanya Ketapang, perjalanan Ride to Nature XBI Pontianak kiranya juga menjangkau Kota Singkawang, Kalbar. Kembali, mereka bersilaturahmi dengan sesama pengguna XSR 155 di sana. Tentunya tak lupa, seraya menikmati keindahan alam wisata pantai nan memukau. 

“Touring ini di samping menikmati destinasi alam Kalimantan, juga memperluas persaudaraan dan pembentukan chapter XBI. Yang mana saat ini XBI sudah beranggotakan ratusan orang, dan tersebar di berbagai wilayah. Seperti Pontianak, Banjarmasin, Balikpapan, Palangkaraya dan Sambas,” pungkas Jeffrey.


(acf)