Formula 1 Azerbaijan 2022

Verstappen Menang Lagi, Duo Ferrari Masih Apes di F1 Azerbaijan

Max Verstappen kembali amankan kemenangan di Formula 1 Azerbaijan. RedBull CP
Max Verstappen kembali amankan kemenangan di Formula 1 Azerbaijan. RedBull CP

Autogear.id - Kedigdayaan Max Verstappen di kompetisi Formula 1 2022, kembali lagi di F1 Azerbaijan. Ia meraih kemenangan telak setelah mampu menyusul rekan setimnya yaitu Sergio Perez yang sempat memimpin jalannya balapan. Ia meraih hasil kompetitif yang membuatnya kian melesat di klasemen sementara pembalap F1 2022. 

Hasil ini pun dianggapnya tak terlepas dari kemampuan timnya memberikan strategi yang bagus dan mobil yang sempurna. Ia dan rekan setimnya pun mampu mengamankan kemenangan id posisi 1 dan 2. Bahkan pencapaian lap tercepat pun diamankan oleh Perez.

"Hasil ini tak lepas dari strategi apik yang diterapkan oleh tim. Saya juga melihat bahwa penggunaan kompon ban yang lebih seimbang, jadi kunci kemenangan kami di sini. Semoga hasil ini bisa kami pertahankan di seri-seri selanjutnya," klaim Verstappen usai meraih kemenangan pada race Minggu (12/6/2022).

Namun Verstappen terlihat sedikit canggung dengan kemenangan ini, lantaran Ia terlihat dipermudah oleh rekan setimnya sendiri. Ini terjadi setelah Perez diberikan peringatan oleh timnya tak boleh bertarung dengan Verstappen dengan tak berperilaku defensif. Meski posisinya saat itu berada di urutan terdepan.

Baca Juga:
All New Ertiga Hybrid Nongol, Diklaim Pelopor Low MPV Hybrid?

Meski meraih posisi finish kedua, raut kekesalan Perez tak bisa disembunyikan. Ia hanya mengatakan bahwa balapan berlangsung dengan sangat baik dan ini hasil yang bagus buat tim mereka. Terlihat saat berada di belakang podium, Perez berperilaku tak seperti biasanya dan memilih untuk tak berbicara kepada Max.

Sementara di urutan ketiga, konsistensi pembalap rookie tim Mercedes GP yaitu George Russel terlihat cukup baik. Ia selalu finish di posisi podium atau paling tidak berada di urutan 5 besar. Hasil ini membuat peluangnya bertarung di urutan terdepan di setiap seri, lebih besar dari rekan setimnya yaitu Lewis Hamilton.

Hasil miris justru diraih oleh tim Ferrari yang selalu tampil digdaya di sesi kualifikasi. Namun di sesi race, ada saja kesialan yang menimpa. Baik itu dari sisi strategi balapan, teknis kendaraan bahkan hal-hal yang fundamental lainnya. Di seri ini, dua mobil mereka baik itu yang ditunggangi oleh Charles LEclerc peraih posisi pole maupun yang ditunggangi oleh Carlos Sainz sebagai wingman, tak finish. 

"Tentu hasil ini sangat membuatku kecewa lantaran dari beberapa seri kami selalu tampil apik di sesi kualifikasi namun di sesi race, ada saja masalah yang menimpa. Saya tak tahu persis masalah di mobil kami apa karena belum berbicara secara detail dengan tim. Tapi pastinya ini jadi tugas besar kami, jika ingin meraih hasil bagus, kondisi seperti ini tak bisa terjadi terus menerus," kisah Leclerc.

Hasil F1 Azerbaijan 2022:
1. Max Verstappen, BEL, Red Bull Racing
2. Sergio Perez, MEK, Red Bull Racing
3. George Russel, ING, Mercedes GP


(uda)