Formula 1 Prancis

Ferrari Bikin Drama Lagi, Verstappen Menang Mudah di F1 Prancis

Max Verstappen menang mudah usai drama kegagalan Ferrari membawa pembalapnya gagal menang dan finish di podium. Red Bull CP
Max Verstappen menang mudah usai drama kegagalan Ferrari membawa pembalapnya gagal menang dan finish di podium. Red Bull CP

Autogear.id - Perjalanan sejarah tim Ferrari di ajang balap Formula 1, tahun ini terbilang cukup baik. Namun sangat sering mereka membuat keputusan yang salah dalam hal strategi balap yang kemudian merugikan para pembalapnya. Dan satu lagi yang terbaru dan menimpa 2 orang jagoan mereka yaitu Charles Leclerc.

Pembalap yang harusnya mulai mendapat performa terbaiknya setelah menjauh dari Max Verstappen menjelang stint (pergantian ban) pertama itu, malah berakhir di barrier pembatas sirkuit. Ban bagian kiri mobilnya kehilangan grip dan akhirnya selip menabrak pagar pembatas. Padahal jika Ia tak memaksakan performa bannya di trek abrasif ini, minimal Ia bisa tetap bertarung sebagai pemenang. 

Drama kedua yang dibuat oleh tim asal Italia itu adalah ketika Carlos Sainz meminta untuk melakukan pit stop keduanya. Namun ternyata timnya tak mengizinkan. Meski sanggup menyusul Sergio Perez, namun Ia yang harus pit stop dua lap setelah menyusul Perez, kehilangan banyak waktu di pit. Ia pun harus puas finish di urutan kelima.

Pembalap yang justru diuntungkan tanpa harus mengeluarkan ekstra tenaga adalah Max Verstappen. Pembalap asal Belanda itu langsung memimpin jalannya balapan sejak Leclerc mengakhiri balapannya. Ia tak tersusul oleh Lewis Hamilton yang tampil konsisten di urutan kedua setelah menyusul Perez di garis start.

Baca Juga:
Pertarungan Red Bull - Ferrari Berlanjut di Trek Abrasif Paul Ricard

"Saya merasakan sirkuit ini cukup abrasif, jadi ketika ban kehilangan grip yang signifikan, saya memutuskan untuk melakukan pit stop dan mengganti kompon ban. Beruntung kami bisa tampil konsisten di depan dan rasanya pemilihan kompon ban dan strategi satu kali pit stop ini cukup berhasil kami lakukan," ujar Verstappen.

Selain tim Ferrari, dagelan lain yang cukup menarik adalah George Russel yang akhirnya finish di urutan ketiga justru adu bacot dengan saling mengadukan pendapat mereka menjelang balapan berakhir. Meski pada akhirnya ditetapkan bahwa Russel keluar sebagai pemenang untuk mendapatkan podium ketiga, namun terasa janggal melihat keduanya saling mengadu.

Hasil F1 Prancis 2022:
1. Max Verstappen, BEL, Red Bull Racing
2. Lewis Hamilton, UK, Mercedes-GP
3. George Russel, UK, Mercedes-GP


(uda)