Emak-emak Viral, Antar Pasien Masuk Ruang UGD Sambil Naik Motor!

Emak-emak antar pasien terobos ke dalam ruang UGD sambil naik motor (Foto: IG)
Emak-emak antar pasien terobos ke dalam ruang UGD sambil naik motor (Foto: IG)

Autogear.id - Emak-emak lu lawan! Gak bakal menang deh! Istilah seperti itu seringkali kita dengar dalam perbincangan. Seakan ingin menekankan, bila sudah berurusan dengan emak-emak, -julukan masyarakat etnis Betawi untuk seorang Ibu-, dijamin harus banyak maklum.

Lihat saja yang viral baru-baru ini, aksi emak-emak kembali jadi sorotan. Sosok emak-emak ini ngetop di media sosial, lantaran berani antar pasien naik motor matik sampai masuk ke dalam ruangan Unit Gawat Darurat (UGD).

Peristiwa tersebut dibagikan dalam bentuk video, oleh akun Instagram @video_medsos. Hingga kini video disaksikan lebih dari 25 ribu kali. "Good job (pekerjaan yang bagus) mak," tulis @video_medsos sebagai keterangan Instagram, seperti dikutip Autogear.id, Kamis (5/8/2021).

Diperkirakan, video viral berdurasi sekitar 29 detik ini terjadi di Situbondo, Jawa Timur. Pengendara ibu-ibu, mengendarai motor matik Yamaha, menerobos ruang UGD RS Mitra Sehat. 

Diceritakan dalam video, tampak dia sendirian mengantar seorang pasien ke rumah sakit. Pasien ini diduga suaminya, dan emak-emak itu membawanya dengan mengendarai motor.

Menjadi sorotan, karena ia bawa masuk pasien ke ruang UGD, tetap dengan mengendarai motornya. Tanpa merasa bersalah, ia pacu motornya lewati pintu UGD, dan masuk ke ruangan yang seharusnya steril.

Tak tanggung-tanggung, pasien diantarnya tepat ke samping ranjang rumah sakit. Sampai tim medis tak perlu menyongsong si pasien. Padahal biasanya, tim UGD menyambut pasien di depan pintu. Mereka akan gotong, siapkan kursi roda atau ranjang, bagi pasien yang sudah lemas.

Kali ini aksi ibu itu lebih sigap dari tim medis. Entah karena sudah sangat gawat atau ingin cepat sampai. Sehingga ia putuskan melakukan tindakan tersebut. Tenaga kesehatan sempat melongo, tapi kemudian segera membantu baringkan pasien ke atas ranjang.

Sayup-sayup terdengar suara beberapa orang tertawa terbahak-bahak dari dalam video. Diduga berasal dari tenaga kesehatan, yang tak kuasa menahan tawa. Reaksi atas pemandangan langka di ruang UGD tersebut.

Setelah pasien terbaring di atas ranjang, langsung emak-emak itu mundurkan motor, dan kembali mengendarainya keluar UGD. Selama mengantar pasien hingga keluar ruang UGD, emak-emak nyentrik ini sama sekali tidak turun dari motor. 

Kejadian begitu langka ini memang sulit dipercaya. Emak-emak dengan motornya seakan tanpa beban, sukses menerobos masuk ruang UGD yang sangat dijaga kebersihannya. Apalagi, terlihat dia tanpa mengenakan masker. 

Akhirnya aksi nekat itu dikomentari warganet. Mereka menulis berbagai komentar lucu. Walaupun ada juga yang kasih penjelasan, jika peristiwa itu mungkin emergency. 

"Emak-emak menang tiada lawan," tulis keterangan video.

"Pasien nahan malu, nahan sakit, nahan ngakak," komen warganet.

"Bisa tuh dijadiin sopir ambulans," sahut warganet.

"Carilah pasangan hidup yang seperti itu," tambah yang lain.

"Bagi saya sih emak-emak masalah terbesar, dia yang salah dia pula yang marahin kita," celetuk warganet.

"Itu mah karna emergency biar cepet dianter ke tempat pembaringan. Saya pernah kek gitu dan pihak rumah sakit memaklumi," jelas yang lain.

"Gak lucu sebenarnya ini. Tapi emang emeregency apalagi pasian udah lansia. Yang pernah ngerasa sih baru ngerti," tegur warganet.


(acf)