Ini Harga dan Spek Ford Mustang Klasik yang Viral Terbakar di Jaksel

Foto: Ist
Foto: Ist

Autogear.id - Baru-baru ini viral di media sosial, sebuah kendaraan klasik nan langka yang kerapkali menjadi incaran para kolektor terbakar habis, di jalan Margaguna Raya Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Senin sore (26/7). 

Mobil Ford Mustang Shelby GT500 1967 tersebut habis terbakar, diduga akibat mengalami korsleting listrik. Petugas Damkar berhasil memadamkan api yang menyelimuti mobil lawas populer, yang juga menjadi salah satu ikon muscle car Amerika Serikat ini.

Kendati tak ada korban jiwa, saat itu petugas di lokasi melansir kerugian mencapai sekitar Rp 2 miliar. Benarkah mobil keren ini memiliki harga segitu? Yuk, kita intip banderol plus spesifikasi mobil yang kabarnya sempat tampil dalam film Hollywood ‘Gone in 60 Seconds’, yang dibintangi aktor kenamaan Nicolas Cage. 

Sedikit mengulas film tersebut, Nicolas Cage berperan sebagai Randall ‘Memphis’ Raines. Dan film Gone in 60 Seconds melibatkan 11 Ford Mustang Eleanor, yang didasarkan pada Ford Mustang Fastbacks 1967/1968 reguler.

Tetapi tiga mobil yang digunakan di film itu ditingkatkan sejumlah speknya. Antara lain dengan penambahan coilovers, poros belakang Lincoln 9 inci, wishbones baru, dan mesin V8 351 kubik inci dari Ford.

Kembali ke Ford Mustang Shelby GT500 1967 yang terbakar, mobil ini ternyata merupakan model pertama, dari jajaran seri Shelby GT 500. Mobil ini didasarkan pada Mustang 1967, dan telah dilengkapi kekuatan mesin V8 408 CID berkubikasi 6.600cc.

Secara performa, mesin tersebut sanggup menyemburkan tenaga maksimum sebesar 450 dk pada putaran mesin 5.500 rpm. Sedangkan torsi puncaknya sebesar 569 Nm di 3.200 rpm. Lewat transmisi otomatis 4 kecepatan, mobil ini dapat melaju dengan kecepatan maksimal 200 km/jam.

Tampilan eksterior dari mobil ini memiliki ciri khas, dua lampu kabut yang terletak di tengah grille. Desain bodi Shelby GT500 memang terlihat ceper, dan menggunakan ban berukuran 17 inci. Tersedia dalam dua model, yakni fastback dan convertible. 

Meskipun mobil klasik, tetapi Ford Mustang Shelby GT500 1967 yang sempat unjuk diri dalam pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015 itu ternyata punya harga selangit. Mau tahu berapa harganya? Yes, harganya dipatok US$ 1 juta, atau setara dengan Rp 14,5 miliar! Wow...


(acf)