Informasi Arus Mudik Lebaran 2023

MyInfo Tol Bantu Pemudik Pantau 800 CCTV Secara Live

Cegah terjebak kondisi macet saat mudik, silakan cek CCTV lebih dulu. AI
Cegah terjebak kondisi macet saat mudik, silakan cek CCTV lebih dulu. AI

Autogear.id - Sebagai salah satu ikhtiar, dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada pengguna jalan tol di momen lebaran tahun ini. Astra Infra mulai memperkenalkan inovasi teknologi informasi “MyInfoTol”, yang dapat diunduh melalui Google Playstore.

Group COO Astra Infra, Kris Ade Sudiyono menyampaikan, aplikasi tersebut merupakan salah satu bentuk upaya yang dilakukan pihaknya. Adar dapat secara optimal memberikan pengalaman berkendara yang aman, nyaman dan lancar. Khususnya di sepanjang ruas tol milik perusahaannya.

“Melalui aplikasi MyInfo Tol ini, pengguna dapat memanfaatkan berbagai fitur menarik. Untuk mempermudah perencanaan dan kenyamanan perjalanan Anda, hanya dalam satu genggaman tangan,” ungkap Kris Ade Sudiyono. 

Adapun beberapa fitur, yang dapat dimanfaatkan oleh pemudik pengguna ruas jalan tol antara lain pantauan Closed-Circuit Television (CCTV) secara langsung atau live. Bisa dilakukan dari ruas Tol Tangerang - Merak, Cikopo - Palimanan, dan Jombang - Mojokerto. 

Baca Juga:
Begini Cara Mencegah Rolling Resistance Tinggi pada Ban Kendaraan Niaga

Disampaikan, total lebih dari 800 CCTV yang sudah terpasang di sepanjang jalan tol milik salah satu grup Astra ini, dan akan mendukung sepenuhnya kehadiran dari fitur canggih tersebut. 

Selain itu kata Kris Ade, pengguna jalan bisa mendapatkan berbagai informasi dan kondisi terkini di sejumlah ruas tol milik perusahaannya. Kemudian bisa memperoleh informasi tarif tol, rest area terdekat, hingga mencari rekomendasi tempat wisata. 

Untuk turut berkontribusi dalam mengurangi jejak karbon, melalui aplikasi ini, pengguna jalan juga dapat mengunduh struk digital atas transaksi di gerbang tol. Yaitu meliputi Tol Tangerang - Merak, Cikopo - Palimanan dan Jombang - Mojokerto. 

Dalam usaha mengurangi risiko kecelakaan, aplikasi MyInfo Tol juga dilengkapi dengan fitur yang dapat mengingatkan pengemudi. Jika kendaraan yang digunakan si pengemudi tersebut telah melebihi batas kecepatan yang ditetapkan di jalan tol. 

Baca Juga:
18 Bengkel Kia dari Sumatera Hingga Jawa Timur Siaga Mudik

“Astra Infra senantiasa mengimbau para pemudik dan seluruh pengguna jalan, untuk selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Hendaknya selama dalam perjalanan dapat mengikuti arahan petugas di lapangan,” katanya. 

Pengguna jalan sebelum berangkat sebaiknya memeriksa kondisi kendaraannya terlebih dulu, lalu tak lupa menjaga tubuh tetap fit serta tidak dalam keadaan mengantuk atau lelah ketika berkendara. Dan pastinya harus mematuhi batas kecepatan di jalan tol. 

“Mari bersama memanfaatkan momentum mudik lebaran dengan bijak, serta mengutamakan keselamatan berkendara, untuk mewujudkan perjalanan mudik yang aman dan nyaman,” pungkas Kris Ade dalam keterangan resminya, Rabu (12/4/2023).


(uda)