Mobil Bekas

Ketika Mobil Seken Berkontribusi Lebih pada Event Bergengsi Sekelas IMX 2022

Kontes modifikasi bukan hanya bisa dilakukan mereka yang membeli mobil baru kemudian melakukan modifikasi sesuai yang mereka inginkan, namun pelaku mobil bekas pun bisa melakukannya. AG-Alun
Kontes modifikasi bukan hanya bisa dilakukan mereka yang membeli mobil baru kemudian melakukan modifikasi sesuai yang mereka inginkan, namun pelaku mobil bekas pun bisa melakukannya. AG-Alun

Autogear.id - Mobil seken, used car atau mobil bekas. Mungkin selama ini cenderung dipandang sebelah mata. Karena orang lebih banyak menjatuhkan pilihan kepada mobil baru, fresh from the oven. Banyak yang menganggap mobil seken sebagai barang yang diragukan kualitasnya. Karena keterbatasan informasi, bagaimana dan seperti apa cara pakai pemilik atau pengguna sebelumnya.
 
Mereka yang ragu-ragu seolah menyimpan pertanyaan, jangan-jangan mobil tersebut bekas korban tabrakan? Atau pernah kebanjiran?, dan lain sebagainya. Kemudian oleh pemiliknya direparasi, agar punya nilai jual kembali.
 
Tetapi faktanya, akhir-akhir ini mobil seken dapat porsi lebih dalam berkontribusi, pada sejumlah event otomotif bergengsi. Sebut saja salah satunya adalah ajang Indonesia Modification & Lifestyle Expo (IMX) 2022. IMX merupakan sebuah pameran mobil-mobil modifikasi beserta produk-produk aftermarket pendukungnya. Gelaran yang digagas oleh National Modificator & Aftermarket Association (NMAA), dan selama ini konsisten terselenggara.
 
Pameran IMX 2022 mendapat dukungan besar dari produk mobil seken. Yup, salah satu pemain besar di segmen mobil seken, OLX Autos, mendukung perhelatan selama dua hari tersebut. Alhasil event mendapat embel-embel tambahan nama OLX Autos IMX 2022.

Baca Juga:
Ninja ZX-25R Generasi 2023 Siap Tarung, Berani Mainkan Banderol Rp100 Juta

 
Bayangkan saja, bagaimana tidak menjadi sebuah perhelatan bergengsi? OLX Autos IMX 2022 ini dihadiri langsung oleh Ketua MPR RI sekaligus Ketua IMI Pusat, Bambang Soesatyo. Lalu Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto, dan Menteri Perindustrian RI, Agus Gumiwang Kartasasmita.
 
Selama 2 hari acara berlangsung, yakni Sabtu dan Minggu (1-2/9/2022), tercatat ribuan pengunjung memadati area JCC Hall A. Baik yang membeli tiket secara pre-sale maupun on the spot, dengan mengantongi total transaksi sebesar Rp4,8 miliar.
 
Sajikan Ragam Konten Menarik dan Berkelas
Boleh dibilang wajar saja IMX 2022 dihadiri banyak pengunjung, lantaran panitia tampaknya berupaya mengemas konten acara semenarik mungkin. Sehingga menyajikan tontonan yang berkelas bagi para pengunjung. Intip saja konten-konten di dalam pameran bertemakan ‘The Indonesian Kalcer’ ini. Mulai dari Black Stone Livemodz Challenge 2022 ‘Perang Bintang’. Kompetisi adu kreativitas sebagai salah satu konten unggulan.
 
Mendatangkan 5 Car Enthusiast dari kalangan publik figur nasional, yang punya konsep modifikasi berbeda. Antara lain restorasi modifikasi BMW E30 besutan Raffi Ahmad dan Tim Rans, modifikasi konversi listrik Toyota Avanza besutan Atta Halilintar dan Tim Ashiap, modifikasi BMW E30 hatchback besutan Andre Taulany dan Tim Yellow, modifikasi supercar stance besutan Gading Marten dan Tim Papa Manja, serta modifikasi Mazda Miata MX-5 karya Uya Kuya dan Tim Gemes Manja. 

Kemudian konten The Ultimate NMAA Top 50. Dimana dari tahun ke tahun deretan mobil modifikasi NMAA Top 50 menjadi medium kreatifitas para car enthusiast di Indonesia. Pada ajang IMX 2022, NMAA Top 50 dinilai dan dikurasi langsung pakar nasional dan internasional. Terdiri dari NMAA National Judge Erwin M Choirudin, dan tiga juri NMAA Overseas Judge yaitu Head of Designer West Coast Customs Musa Tjahjono, CEO Liberty Walk Toshiro Nishio, dan Builder spesialis mobil JDM di SEMA Show Big Mike.

Baca Juga:
Motul Jadikan IMX 2022 Ajang Gelontorkan Produk Baru

 
Begitupula kegiatan NMAA x IATO, sebagai peralihan tren kendaraan konvensional ke energi listrik dan hybrid serta menyikapi dalam memberikan solusi dampak kenaikan bahan bakar bagi masyarakat. NMAA gandeng Ikatan Ahli Teknik Otomotif (IATO), wadah perhimpunan ahli teknik otomotif di Indonesia. Membawa solusi dari kenaikan harga BBM dan percepatan penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai.
 
Proyek ini turut menghadirkan dua buah purwarupa motor konvensional. Proyek kolaborasi NMAA x IATO, berupa dua unit kendaraan skutik konversi garapan bengkel modifikasi asal Kota Bekasi, DJ Custom. Ada pula IMX Masterclass, ajang diskusi dan berbagi pengalaman seputar industri modifikasi aftermarket, dari para narasumber berkompeten. Sajikan topik pembahasan seputar bisnis modifikasi, inovasi karya, hingga tren modifikasi proper di Indonesia.
 
IMX Art Installation by Mulkay, sebuah konten visual artist penggagas karakter Key Visual IMX 2022. Desainer bernama lengkap Muchlis Fachri yang juga hobiis otomotif ini mempersembahkan instalasi karya seni bertema The Indonesian Kalcer. Representasi dari tema besar acara, dalam nuansa otomotif dan lifestyle. Bisa diintip pula konten acara ketika demam modifikasi Fast & Furious diadopsi para car enthusiast dengan mengusung gaya Street Racing.
 
Sebagai memorabilia ingatan terhadap deretan headliner mobil JDM, NMAA bareng bengkel Prabus serta produsen stiker Max Decals, memboyong beberapa unit mobil khas bergaya Fast & Furious. Hasil modifikasi dengan skala 1:1 tersebut di antaranya Toyota Supra dan Nissan Skyline GT-R R34 milik Brian O Connor, Nissan Skyline GT-R R33 milik Leon, Nissan 350Z milik Takashi, hingga Mazda RX-7 milik Han, dan Honda S2000 kebanggaan Suki.
 
Dalam mendukung kreativitas hobiis mainan atau minatur mobil (Diecast), pameran ini ikut berkolaborasi dengan Indonesia Diecast Expo (IDE). Menggelar Diecast Custom Championship. Popularitas sneakers di kalangan masyarakat Indonesia terutama kaum milenial dan Gen Z, relatif meningkat. Sehingga IMX 2022 menjadikannya sebuah konten, berkolaborasi dengan Indo Sneaker Team (IST).

Baca Juga:
Ketika Berkendara, Hindari 7 Hal Ini Supaya Bebas dari ETLE

 
Menghadirkan kolaborasi IST dan produsen stiker otomotif GoodFix. Hasilnya, 1 unit display car berbasis Volkswagen Transporter (VW Combi) yang tampil atraktif. Kehadiran mobil tersebut menjadi magnet tersendiri setelah diisi penuh ratusan sepatu sneaker. Uniknya lagi, IST juga menebar keseruan untuk para sneakerhead, berupa lelang ‘Holy Grails’ senilai jutaan rupiah hanya dengan modal Rp100 ribu.
 
Tak ketinggalan Pemenang Supergiveaway Subaru Forester dan Innova 2KD sebagai bagian dari konten IMX setiap tahunnya. Pengundian hadiah Supergiveaway adalah yang dinanti-nanti para pengunjung. Pada akhirnya, setelah dilakukan pengundian baik untuk supergiveway online maupun On The Spot, terpilihlah Komang Triko Kusuma dari Bandar Lampung sebagai pemenang supergiveaway online Innova 2KD, dan Muhammad Ramadhani dari Cianjur sebagai pemenang supergiveaway Subaru Forester On The Spot.
 
Mobil Seken Jadi Bahan Dasar Modifikasi
Bicara mobil seken, OLX Autos Indonesia yang selama ini mengklaim diri sebagai platform layanan berbasis teknologi, senantiasa menawarkan inovasi terkini dalam transaksi jual beli mobil seken. Sepanjang event Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, dimana OLX Autos Indonesia sebagai official trade in partner-nya, melihat pertumbuhan positif dari tren jual mobil seken.
 
Menurut COO OLX Autos Indonesia, Hendri Tadjuni, seperti disampaikan kepada sejumlah media nasional, hal ini merupakan salah satu kontribusi positif dari perusahaannya terhadap ekosistem industri otomotif nasional.

Ditambahkannya, pada GIIAS tahun lalu OLX Autos menerima hampir 500 booking inspeksi, dan sukses menginspeksi lebih dari 300 mobil. “Tahun ini kami telah melebihi target tahun lalu,” terangnya. Artinya penjualan mobil seken menunjukkan pertumbuhan signifikan.
 
Selama gelaran OLX Autos IMX 2022 ini, rata-rata peserta pameran maupun kontestan modifikasi menggunakan mobil seken sebagai bahan dasarnya. Tentunya dengan pertimbangan sederhana, mobil seken lebih enak untuk diopreknya. Alasannya, ada sedikit rasa sayang ketika mengoprek atau mengutak-utik mobil baru, kemudian dipermak menjadi kendaraan modifikasi. Lebih leluasa dengan melakukannya terhadap mobil seken.
 
Walaupun sebenarnya, untuk biaya yang dihabiskan dalam memodifikasi mobil seken tersebut tidak bisa dibilang receh. Malah ada peserta yang menghabiskan biaya modifikasi mobil seken tersebut, seharga dia membeli mobil bekas itu sendiri. Bahkan kalau dia mau, biaya modifikasinya tersebut bisa untuk membeli mobil baru.
 
Tetapi memang itulah seninya. Ketika keindahan, kepuasan dan rasa bangga sulit tertandingi oleh berapapun nominal yang dipertaruhkan. Jadi, masih memandang sebelah mata mobil seken?


(uda)