Serba-Serbi Formula 1

Takluk oleh Albon, Dominasi Leclerc di F1 Virtual Berakhir

Alexander Albon sukses patahkan dominasi Charles Leclerc di balap virtual. autosport
Alexander Albon sukses patahkan dominasi Charles Leclerc di balap virtual. autosport

Autogear.id: Pembalap tim Red Bull, Alexander Albon meraih kemenangan perdana di ajang F1 Virtual Grand Prix round 4 yang berlangsung Minggu (3/5/2020) waktu setempat. Putaran keempat ini menggunakan sirkuit Interlagos, Brasil. 

Kemenangan Albon sekaligus juga mematahkan dominasi Charles Leclerc yang menjuarai dua seri sebelumnya. Albon menang dengan memanfaatkan strategi pitstop dengan tepat dan jarang melakukan kesalahan di 36 lap lomba. 

Leclerc yang berstatus sebagai pembalap tim Ferrari harus puas finis peringkat ketiga setelah terkena penalti tambahan waktu tiga detik. Sedangkan pebalap tim Williams George Russell menjadi runner-up. 

"Setelah usai, saya gemetaran. Saya rasa Charles sangat cepat. Tapi saya punya strategi yang lebih baik," kata Albon setelah balapan. 

Sebelum balapan dimulai, para pembalap melakoni babak kualifikasi yang akhirnya dimenangkan oleh pebalap Formula E, tim Mercedes. Sayangnya, keuntungan pole position gagal dia manfaatkan dengan baik. 

Ketika start, mantan pembalap F1 itu justru kehilangan traksi sehingga Albon melesat melewati empat pebalap di depannya untuk memimpin lomba. Kendati demikian, Leclerc tetap membuntutinya dengan ketat. 

Tak terhitung berapa kali mereka saling bergantian memimpin lomba. Namun, Leclerc terpaksa diganjar penalti tambahan waktu tiga detik karena melanggar batas trek pada lap ke-23. Alhasil, Albon lebih leluasa untuk memastikan podium pertama. 

Sejatinya, adalah GP Belanda di Sirkuit Zandvoort yang harusnya dimainkan pembalap F1 pada Minggu 4 Mei. Tapi, event tersebut terpaksa ditunda karena adanya kebijakan karantina wilayah guna menekan penyebaran virus korona.


(uda)