Mobil Bekas Taksi

Tips Sederhana Pilih Mobil ex-Taksi Kondisi Bagus

Toyota Etios Liva bekas armada taksi Express dijual Rp33 juta. dok ilham pratama
Toyota Etios Liva bekas armada taksi Express dijual Rp33 juta. dok ilham pratama

Autogear.id: Membeli mobil tidak boleh asal-asalan. Meskipun berstatus mobil bekas tetap saja kategorinya barang mahal. Jika sembrono siap-siap saja Anda bakal tersiksa dengan biaya-biaya tak terduga nantinya. 

Bagi sebagian orang yang paham dengan mobil tentunya tidak akan sulit mencari pilihan ideal dengan kondisi bagus. Namun untuk mereka yang awam ada potensi kemungkinan salah beli, alias dapat barang 'jelek'. Apalagi kendaraan yang dibeli merupakan unit ex-taksi yang berjejer hingga ratusan unit memaksa Anda memilih secara acak.  

Oleh karena itu, saat berencana membeli mobil bekas armada taksi, alangkah baiknya Anda mengajak teman atau mekanik kenalan untuk memilih unit yang layak. Namun jika memang mendesak alias tidak ada mekanik yang mendampingi setidaknya ada beberapa tips sederhana untuk memastikan mobil bekas ex-taksi yang dipilih masih dalam kondisi layak. 

Berdasarkan pengakuan beberapa konsumen yang membeli unit ex-taksi, kondisi kendaraannya cukup sehat, bahkan nyaris tak ada keluhan sejak pembelian. 

Salah satunya Ilham Pratama, jurnalis otomotif yang mengaku puas dengan unit ex taksi (Etios Liva) miliknya. Ilham menggarisbawahi saat membeli kendaraan bekas taksi tentunya tidak bisa berharap banyak, yang bisa dilakukan hanyalah memastikan kondisi mesin dan fungsi-fungsi lain dari sisi kenyamanan. 

"Pas beli itu, ibaratnya beli 'bangke', ya gue cuma lihat daleman (interior) masih rapi, AC masih nyala, mesin bagus, kilometer nya rendah," ungkap Ilham kepada Autogear. 

Selanjutnya, disarankan untuk melakukan test drive pendek untuk memastikan performa mesin dan kaki-kaki. "Pastiin juga ban sama kaki-kaki nggak ada yang bunyi, itu aja sih, sisanya ya udah 'hunting' lah buat bikin cakep. Soalnya mobil ini kosongan banget, nggak dapat tape, speaker aja nggak ada. Bahkan punya gue klaksonnya nggak ada, jadinya beli lagi deh klakson," sambungnya. 

Demi menambah kenyamanan, di sinilah pentingnya menyiapkan dana lebih untuk membeli spare parts dan aksesoris pendukung lainnya agar mobil yang dibeli benar-benar sesuai dengan keinginan. Apalagi jika kendaraan yang dibeli tujuannya memang untuk dipakai alias bukan dijual lagi. 

Sekarang ini, ada beragam model kendaraan ex taksi yang dijual. Masing-masing provider biasanya memakai armada dengan brand yang berbeda, namun beberapa yang populer digunakan seperti Toyota Limo (vios), Toyota Etios Sedan (Etios Liva), Nissan Almera, serta Kia Rio Sedan. Rata-rata tahun produksi kendaraan tersebut mulai dari 2013-2015 dengan kisaran harga dari Rp40 juta - Rp 60 jutaan. 

Namun yang paling fenomenal belakangan ini adalah Etios Liva bekas unit Express Taxi yang ditawarkan dengan harga Rp33 juta dengan kondisi apa adanya. Harga yang sama dengan satu unit sepeda motor Yamaha NMax. 


(uda)