Bengkel Motor

Begini Kriteria Bengkel Super Versi Oli Sponsor Gresini Racing

Bengkel umum yang masuk dalam kategori bengkel rekanan resmi dari Federal Oil, ternyata syaratnya cukup ketat. FO
Bengkel umum yang masuk dalam kategori bengkel rekanan resmi dari Federal Oil, ternyata syaratnya cukup ketat. FO

Autogear.id – Mungkin banyak yang belum tahu, kalau sebenarnya bengkel motor yang bukan milik dealer resmi produsen motor itu mempunyai beberapa kategori. Jadi tidak hanya sekadar bengkel berdiri, kemudian beroperasi.

Kategori bengkel motor itu bisa dilihat antara lain dari cakupan wilayah dimana bengkel tersebut beroperasi, kemudian banyaknya unit entry yang masuk, hingga loyalitas bengkel tersebut terhadap mitra usahanya. Paling tidak itu yang diterapkan Federal Oil, sebagai merek pelumas asli Indonesia yang ikut mensponsori tim Gresini Racing MotoGP. Kategori mitra bengkel Federal Oil ada Super Federal Oil Center (SFOC) dan Federal Oil Center (FOC).

Sales & Marketing Director PT Federal Karyatama, Herry Hambali menyampaikan, untuk sebuah bengkel bisa menjadi SFOC, dilihat dari berbagai aspek. “Antara lain unit entry dari bengkel tersebut, kemudian lokasi, omset dan banyak lagi”, tutur Herry saat peresmian SFOC atau Branded Workshop Donna Motor yang berlokasi di jalan Kalibaru Timur nomor 20, Kali Baru, Medan Satria, Bekasi, beberapa waktu lalu.

Hal serupa juga berlaku buat kategori FOC. “Memang FOC tak sesuper SFOC. Kalau SFOC, sampai bengkelnya kita cat, branded dengan cat ciri khas Federal Oil”, pungkas Herry. Kemudian Federal Oil juga membantu memfasilitasi SFOC dengan kelengkapan lain. Misalnya fasilitas photobooth, kemudian ruang tunggu yang dilengkapi playstation.

Baca Juga:
Enggan Kecewakan Konsumen, 2 Model Suzuki Ini Ikut Insentif PPnBM DTP

“Kita bantu SFOC sediakan rak dan apparel Federal Oil Gresini Racing untuk dipajang, dan dipasarkan kepada pengunjung bengkel yang berminat. Para mekanik mitra bengkel ini juga mendapat pelatihan khusus dari Federal Oil. Di antaranya edukasi tentang kualitas pelumas”, sambungnya.

Menurut Herry, sebelumnya memang Federal Oil melakukan survei dulu. Memantau sebelum memutuskan kategori apa yang layak untuk bengkel tersebut. “Pastinya, kami ingin mitra bengkel kami bukan sebatas kerja sama, melainkan jadi bagian dari keluarga Federal Oil,” ungkapnya.

Melengkapi apa yang disampaikan Herry, President Director PT Federal Karyatama, Patrick Adhiatmadja mengatakan, saat ini Federal Oil melakukan evolusi. Mengedepankan brand pillars yakni easy, Indonesia, carrying, dan adaptive. Perwujudannya melalui semua aktivitas dan tampilan dari mitra-mitra bengkel, terkait brand pillars tersebut.

“Easy dalam hal ini kemudahan pelayanan mitra bengkel. Lalu pilar Indonesia, bisa dilihat dari warna merah-putih pada bengkel. Carrying, selama pandemi ini kita benar-benar peduli pada mekanik, prokes dan lainnya. Terakhir adaptive, dimana saat ini konsumen ingin dimanjakan, sehingga kami utamakan pelayanan. Ujung-ujungnya tingkatkan consumer experience”, tutur Patrick.

Ia melanjutkan, target tahun ini akan ada penambahan 250 sampai 300 bengkel SFOC dan FOC. “Sampai sekarang total SFOC yang kami branding ada sekitar 2000 sampai 2500 bengkel di seluruh Indonesia. Kalau kita branding seperti ini, omset bengkel mengikuti, akan semakin bagus. Branding ini juga salah satu upaya kami membantu mitra bengkel agar omsetnya naik”, pungkasnya.


(uda)