Pasar Mobil Bekas

Sedan Bekas Masih Daik Daun Ketimbang Sedan Baru

Kendaraan sedan bekas taksi ternyata masih tinggi peminat. olx
Kendaraan sedan bekas taksi ternyata masih tinggi peminat. olx

Autogear.id: Mobil jenis MPV atau mobil keluarga dengan kapasitas 7 penumpang memang merupakan segmen terlaris dari sisi pemetaan industri otomotif. Bahkan penjualan kendaraan segmen sedan di tahun 2019 hanya menyentuh angka 6.412 unit, di bawah 3 persen dari total penjualan mobil di Indonesia.

Akan tetapi, kendaraan sedan khususnya armada bekas taksi nyatanya masih tinggi peminat lantaran harga miring yang mengakomodasi budget kalangan menengah. Hal ini dibuktikan oleh data yang dirilis salah satu platform jual beli kendaraan bekas, OLX. 

Dalam beberapa waktu terakhir menunjukkan adanya lonjakan kenaikan pada pencarian mobil Toyota Limo yang notabene adalah kendaraan bekas taksi. “Terjadi lonjakan sebesar 64% persen pada permintaan mobil Toyota Limo, dari 17.204 pengguna melakukan pencarian terhadap mobil Toyota Limo di bulan Januari 2020, menjadi 28.175 pencarian di bulan berikutnya, Februari 2020,” ujar Director of Marketing OLX Indonesia, Ichmeralda Rachman dalam keterangan resminya. 

Sayangnya, peningkatan persentase permintaan yang masif tidak diikuti dengan jumlah listing yang berimbang. “Di bulan Februari 2020, jumlah listing Toyota Limo berada di angka 447, naik sebesar 40% dari bulan Januari 2020 yang berada di angka 319,” lanjut Ichmeralda. 

Dengan anggaran Rp80 jutaan, konsumen bisa menemukan banyak listing Toyota Vios tahun pembuatan 2004. Tapi dengan jumlah anggaran yang sama, banyak sekali Toyota Limo buatan tahun lebih muda yang bisa didapatkan. Rata-rata pilihan tahun pembuatannya mulai dari 2013 hingga 2014. Faktor harga yang terpaut cukup jauh inilah yang membuat Toyota Limo menjadi incaran kaum urban dari strata menengah.

Toyota Limo sejatinya merupakan tipe 'down grade' dari sedan Toyota Vios yang menawarkan spesifikasi dan fitur minimalis dengan tujuan menekan harga. Limo sendiri tidak dijual Toyota untuk konsumen umum melainkan hanya diproduksi khusus untuk memenuhi permintaan konsumen fleet seperti operator taksi. 

Tren Limo yang makin digemari ternyata juga berpengaruh pada menurunnya pencarian untuk model Vios. “Berbeda dengan jumlah listing Toyota Limo yang meningkat, jumlah listing Toyota Vios justru mengalami penurunan dari 2.335 di Januari 2020 menjadi 2.156 di Februari 2020,” pungkas Ichmeralda. 

Tak hanya grafik bulanan saja, jumlah listing Toyota Limo juga menunjukkan peningkatan di platform yang dulunya bernama Toko Bagus tersebut. Di tahun 2018 Limo hanya mencapai angka 114, lalu di tahun 2019 melonjak hingga mencapai 5.683 listing. 

Selain di OLX, iklan baris Toyota Limo juga bertebaran di beberapa 'car listing' seperti Mobil123, Carmudi, CintaMobil dan platform sejenis lainnya.


(uda)